Apa Itu SIG (Sistem Informasi Geografis)

Labels this post :
Data yang merepresentasikan dunia nyata dapat disimpan dan diproses sedemikian rupa sehingga dapat disajikan dalam bentuk yang lebih sederhana dan sesuai kebutuhan. Mengenai “dunia nyata” akan semakin baik jika proses-proses manipulasi dan presentasi data yang direlasikan dengan lokasi-lokasi geografi dipermukaan bumi telah dimengerti.

Peta merupakan aset publik yang sangat berharga, survey-survey pemetaan yang telah dilakukan di berbagai negara telah mengindikasikan jumlah keuntungan, dari penggunaan peta. 
Bila dibandingan dengan peta-peta ini SIG memiliki keunggulan inheren karena menyimpan data representasinya dipisahkan. 

Data dapat direpresentasikan dalam berbagai cara dan bentuk

Apa Itu SIG (Sistem Informasi Geografis)
Apa Itu SIG (Sistem Informasi Geografis)
Pengertian SIG (Sistem Informasi Geografis)
  • SIG adalah sistem komputer yang digunakan untuk memasukan (capturing), menyimpan, memeriksa, mengintegrasikan, memanipulasi, menganalisa, dan menampilkan data-data yang berhubungan dengan posisi-posisi di permukaan bumi [Rice20].
  • SIG adalah kombinasi perangkat keras dan perangkat lunak komputer yang memungkinkan untuk mengelola (manage), menganalisa, dan memetakan informasi spasial berikut data atributnya (data deskritif) dengan akurasi kartografi [Basic20].
  • SIG adalah sistem yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak, data, manusia (brainware), organisasi dan lembaga yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisa dan menyebarkan informasi-informasi mengenai daerah-daerah dipermukaan bumi [Chrisman97]. 
Definisi Apa Itu SIG (Sistem Informasi Geografis)

a. Sistem 
sistem merupakan kumpulan obyek-obyek atau unsur-unsur yang saling berkaitan dan berhubungan satu dengan lainnya yang merupakan satu kesatuan dalam mencapai tujuan tertentu.

 b. Informasi
informasi adalah data yang sudah diolah dan memiliki arti bagi manusia sebagai dasar untuk proses pengambilan keputusan. Dalam SIG informasi memiliki  volume terbesar. Setiap objek geografi memiliki setting data tersendiri karena tidak sepenuhnya data yang ada dapat terwakili dalam peta.

c.  Geografis 
Istilah ini digunakan karena SIG dibangun berdasarkan pada ‘geografi’ atau ‘spasial’. Setiap objek geografi mengarah pada spesifikasi lokasi dalam suatu space. Objek bisa berupa fisik, budaya atau ekonomi alamiah. 

Share it :

About Me : Teguh Firmansyah

Only Blogger Rumahan Yang Sedang Meniti Jalan Kesuksesan.

Related Posts

HIMBAUAN BERKOMENTAR
1. Harap Tidak Komen Dengan Menggunakan Link Aktif
2. Komentar Bukan Spam
3. Isi Komen Tidak Bersifat SARA
4. Komentar Harus Relevan