Tanya Jawab Tentang Google Adsense, Pembelajaran Untuk Pemula

Labels this post :
Bagi blogger tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah Google adsense. Palagi untuk para mastah yang sudah bertahun-tahun bergelut pada blog dan net marketing. Google adsens tentu sudah bagaikan makanan sehari-hari: pagi, siang, dan malam selalu berselancar dan mendapatkan penghasilan dari google. Bahkan banyak dari blogger mastah yang sudah bergelar master menerima penghasilan hingga ratusan juta rupiah dari adsense. Hm..

Lalu Apa Sih Google Adsense itu?
Secara ringkas, Google Adsense adalah salah satu model bisnis online dari iklan google yang dibuka kepada khalayak umum untuk ikut serta mempromosikannya. Caranya adalah dengan memasang iklan pada blognya sendiri. Google adsense menjadi pilihan bisnis yang paling banyak dilakukan oleh blogger dunia, termasuk di Indonesia.
Dengan pengertian lain, Google Adsense adalah sebuah program periklanan online yang dimiliki oleh Google. Google Adsense adalah cara tercepat dan cara termudah bagi pemilik website/blog untuk menghasilkan uang dari internet. Meskipun seolah-olah mudah, blogger harus bekerja dengan sungguh-sungguh untuk mendapatkan hasil adsense yang cukup banyak. Proses upaya mendapatkan banyak klik ini kemudian dikenal dengan SEO.
Ada beberapa model adsense. Selain iklan-iklan dengan sistem bayar per klik, Google juga menyediakan AdSense untuk pencarian (AdSense for Search) dan iklan arahan (Referral). Anda dapat menyematkan mesin pencari google pada blog Anda untuk mendapatkan pemasukan dari google. Setiap pengunjung yang melakukan pencarian dari google yang Anda sematkan, maka Anda akan mendapatkan perhasilan tertentu.

Bagaimana Cara Mendaftar Google Adsense?
Langkah awal Anda harus memiliki email dari google, yakni gmail. Lebih mudah jika Anda  sudah memiliki akun Google seperti akun Gmail, Blogger, dan lain-lain. Proses pendaftaran sebetulnya termasuk mudah dan gratis.

Apakah Setiap Pendaftaran Google Adsense dapat Diterima?
Tentu tidak. Ada ketentuan-ketentuan yang harus dipenuhi agar dapat diterima. Apalgi saat ini mendaftar program Google Adsense lebih sulit dari sebelumnya, khususnya bagi blogger pemula. Namun Anda tidak perlu kuatir, karena dengan sedikit browsing Anda akan mendapatkan banyak sekali trik yang ditulis oleh para mastah untuk dapat Anda praktekkan.

Bisakah Mendaftar Lebih dari Satu AKun Google Adsense?
Jika menggunakan nama yang sama, tentu saja tidak bisa. Akan tetapi jangan kuatir. Dengan satu akun google Adsense Anda sudah dapat melakukan porses kinerja Adsense tidak hanya pada satu blog saja. Dengan demikian sebetulnya lebih mudah bagi Anda untuk mengontrol trafik akun adsense Anda dari berbagai blog yang mungkin Anda kelola.

Tanya Jawab Tentang Google Adsense, Pembelajaran Untuk Pemula
Tanya Jawab Google Adsense


Bagaimana Memulainya?
Setelah pendaftaran Google Adsense Anda diterima, maka langkah selanjutnya adalah memulai memanfaatkan akun tersebut untuk memasang script iklan google pada website atau blog Anda.
Anda akan mendapatkan komisi dari google jika ada pengunjung blog Anda yang melakukan “klik” pada iklan. Setiap klik akan direkam oleh google dan penghasilan Anda akan terus terakumulasi sesuai dengan jumlah klik yang ada.

Berapa Uang yang dihasilkan dari Google Adsense?
Tentu saja ini ukuran yang sangat relative. Semua tergantung akan performa blog Anda, jumlah pengunjung blog, sumber trafik, kata kunci, jenis iklan, dan topik isi blog Anda. Semakin mahal kata kunci yang Anda bidik, maka hasil klik dari iklan adsense Anda juga semakin tinggi.

Mengapa Klik Orang memberikan Pemasukan pada Saya?
Iklan adsense pada dasarnya adalah iklan yang dikelola oleh google. Banyak orang, pelaku bisnis atau gerakan social apapun meminta bantuan google untuk menampilkan iklan pada perselancaran internet. Mereka membayar google sebagai kompensasi jika iklannya dibaca oleh orang banyak. Sementara Anda melakukan kinerja pemasangan iklan sebagaimana yang telah disediakan oleh google. Dengan demikian saat iklan yang Anda pasang di “klik” dan mendapatkan kunjunga, maka Anda ikut serta mendapat komisi dari uang yang diterima oleh google dari pengiklan.

Jika Saya Sendiri yang Meng-“Klik”, Apa Tetap dapat Komisi?
Tentu saja tidak. Dan ini sangat dilarang oleh google. Google mampu mendeteksi perilaku tidak jujur ini. Melacak sumber klik dan menandai sebagai sumber klik yang tidak valid. Hal ini justru membahayakan blog yang Anda kelola. Jika terjadi berulang, maka akun google Anda akan ditutup dan dibaned oleh google.

Apakah Bayaran dapat Langsung Cair?
Tidak. Anda baru bisa mendapatkan hasil komisi klik saat Google Adsense Anda telah mendapatkan penghasilan mencapai $100 atau lebih. Proses berikutnya jika telah mencapai angka tersebut adalah proses pencairan. Secara umu, proses pencairan ini dapat dengan mudah dilakukan melalui wetern Union.

Apakah Google Pasti Membayar?
Tentu saja iya. Google sudah merupakan usaha public yang sangat mudah dilakukan control. Artinya Anda tidak perlu kuatir. Google telah memberikan bayaran atau penghasilan kepada banyak orang di Indonesia dan luar negeri. Sudah banyak webmaster dan blogger yang mendapatkan ribuan dolar setiap harinya dari google Adsense.

Berikut Istilah-Istilah dalam AdSense yang Perlu Diketahui
  1. Publisher atau penayang iklan adalah blogger atau pemilik situs web yang sudah terdaftar. Atau juga seseorang yang telah disetujui oleh pihak pengelola aplikasi periklanan untuk memasang iklan AdSense di situs mereka.
  2. Ad Units adalah iklan AdSense itu sendiri.
  3. Link Units adalah hampir sama dengan Ad Units, hanya saja formatnya mirip dengan format menu yang biasa kita temui di situs-situs web.
  4. AdSense for Content adalah iklan AdSense yang dipasang di dalam suatu halaman artikel, dimana iklan-iklan yang ditayangkan masih terkait dengan dengan isi halaman atau content tersebut. Dikenal juga dengan istilah konsep kontekstual. Termasuk dalam AdSense for Content  adalah Ad Units dan Link Units. Khusus pada AdSense for Content, kadang iklan tidak selalu muncul. Hal ini disebabkan biasanya stok iklan yang  terkait dengan konten kebetulan sedang tidak ada. Biasnya google mengganti dengan iklan layanan masyarakat atau PSA (Public Service Ads). Klik pada PSA ini tidak menghasilkan pemasukan.
  5. Channels adalah semacam label yang dapat diberikan pada Ad Units, Link Units, AdSense for Search, dan Referrals. Diyakini penggunaan label ini beberapa master SEO terbukti meningkatkan nilai klik yang dibayarkan oleh google.
  6. Page Impressions merupakan akumulasi jumlah untuk menunjukkan jumlah halaman yang mengandung Ad Units telah dibuka oleh pengunjung.
  7. CTR (Clickthrough Rate) dikenal sebagai perbandingan dalam persen antara jumlah klik yang diterima pada Ad Units.
  8. CPC (Cost Per Click) merupakan jumlah uang yang didapatkan oleh publisher apabila Ad Units tertentu diklik.
  9. eCPM atau CPM (Cost Per Million) adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman.
Demikian pengenalam singkat yang dapat saya rangkum dari berbagai sumber terkait perkenalan dengan google Adsense. Tanya Jawab Tentang Google Adsens, Pembelajaran Untuk Pemula ini tentu belum dapat menjelaskan secara keseluruhan tentang google AdSense. Akan tetapi secara dasar  Anda dapat memahami penjelasan ini untuk segera mempraktekkannya. Semoga sukses!

Share it :

About Me : Teguh Firmansyah

Only Blogger Rumahan Yang Sedang Meniti Jalan Kesuksesan.

Related Posts

HIMBAUAN BERKOMENTAR
1. Harap Tidak Komen Dengan Menggunakan Link Aktif
2. Komentar Bukan Spam
3. Isi Komen Tidak Bersifat SARA
4. Komentar Harus Relevan