Pahami Perilaku yang Membuat Blog Gagal Berkembang (Untuk Blogger Pemula)

Labels this post :
Ingin sukses yang menggebu kadang membuat kita lupa diri. Terlalu semangat kadang membuat kita sulit untuk dievaluasi. Modal yang berlimpah sering juga menjebak seseorang menjadi ceroboh dalam meniti rintisan usaha.
Begitulah contoh beberapa perilaku manusia yang secara tidak sadar “nyangkut” pada kondisi personal kita masing-masing. Termasuk juga pada blogger. Beikut kami ulas beberapa sikap, perilaku atau bisa jadi cara berfikir blogger yang pada kenyataannya justru membuat blog kita hancur berantakan, bahkan tanpa kita sadari.

Obsesi Mencari Uang Semata
Tujuan utama menjadi seorang Blogger memang untuk mencari uang. Kita semua berharap uang mengalir deras masuk ke rekening kita dari usaha keras membangun blog. Baik blog yang kita fungsikan melalui iklan adsense atau jualan produk.
Tapi sadarlah, bahwa blog pada awalnya bukan untuk tujuan tersebut. Blog adalah media aktualisasi, sarana berbagi dan wadah untuk melakukan catatan kehidupan agar lebih abadi. Cobalah semakin banyak berbagi dengan hati, dari pada obsesi mendapatkan keuntungan semata yang justru membuat blog Anda tidak punya esensi. Akibatnya justru blog Anda membuat pengunjung jengah, tidak nyaman hingga ditinggal pergi. Obsesi Anda mendapatkan uang banyak dari blog justru “terbunuh” oleh obsesi itu sendiri.

pahami perilaku yang membuat blog gagal berkembang
Penyebab Visitor Blog Menurun

Kurang Sabar
Mengelola sebuah blog memang tidak lah mudah. Untuk menghasilkan uang, atau dalam bahasa blogger disebut monetisasi, jangan anggap bim salabim atau abrakadabrak, lalu tiba-tiba uang mengalir masuk ke rekening Anda. Pastinya Anda memahami ini. Akan tetapi yang paling sering, pemahaman ini tidak masuk dalam perilaku Anda. Tetap saja suasana emosi Anda berharap uang segera mengalir deras masuk rekening Anda.
Maka tidak heran kita menjumpai iklan dari senior-senior yang membuat kita juga makin tergoda. Missal, “Miliki Bot Facebook marketing, jadilah miliader bulan ini!”Benarkah sedemikian mudah bergelimang uang dalam waktu bulanan saja?
Tentu tidak! Pahamilah bahwa segala sesuatu butuh kesabaran. Laungkan waktu lebih banyak tanpa dibayar sepserpun hingga waktu berbulan-bulan! Tanpa membawa pakaian kesabaran, mustahil blog Anda dapat berkembang dan menghasilkan. Jika ceroboh, alih-alih keberhasilan, justru kegagalan total mengancam keberlangsungan blog kita.
Hanya Fokus Pada Traffic
Traffic memang sangat penting. Akan tetapi diawal-awal melakukan kerja blogger, abaikan saja dulu traffic Anda yang masih sepi. Lakukan kerja-kerja dasar untuk mendatangkan traffic. Jalin komunikasi dengan blogger yang sudah aktif, baik melalui forum Kaskus, Facebook, Twitter, dan lain sebagainya. Yakinlah, jika memang blog yang Anda bangun positif, memberikan pencerahan dan informasi yang baik, para blogger akan menyambut Anda sebagai bagian penting referensi blog yang harus dikunjungi.

Asal-Asalan Membuat Artikel
Kalau Asal boleh Usul. Kalau Usul jangan Asal. Maksudnya,segala sesuatu jangan dibuat asal-asalan, meskipun mungkin saja karya tulisan yang Anda buat bisa jadi tidak dianggap baik oleh orang lain, memunculkan kontroversi, atau bisa jadi dianggap sampah. Tetapi yang terpenting tetap lakukan dengan sungguh-sungguh. Sebab itu adalah jiwa atau ruh yang mempengaruhi segala perilaku kita.
Artikel yang dibuat dengan sungguh-sungguh juga akan berpengaruh pada artikulasi bahasa yang disampaikan. Jangan sampai artikel yang kita buat hanya semata mengejar kata kunci, sehingga bahasanya menjadi tidak beraturan. 

Terlalu Sibuk Otak-Atik Tampilan
Tampilan blog memang penting. Akan tetapi terlalu lama berdiri di otak-atik tampilan dan melupakan aktifitas yang menunjang peningkatan Blog lainnya adalah kesalahan perilaku yang paling sering terjadi pada blogger pemula.
Tentu saja idealnya adalah tampilan blog yang menarik, ditunjang dengan konten yang berkualitas. Sudah pasti blog model begini akan kebanjiran pengunjung, dan akan betah lama-lama menikmati suguhan blog kita.
Yang penting sadarilah bahwa inti dari sebuah Blog adalah content atau artikel. Walaupun Blog anda terlihat sangat menarik tapi isi dari content anda tidak memiliki nilai bagi para pengunjung maka Blog anda tidak akan banyak di kunjungi orang. Untuk itu Anda harus sabar dan terus belajar untuk menulis artikel yang baik dan meningkatkan tampilan pada blog anda.

Copy Paste Artikel
Ini adalah kesalahan paling fatal blogger. Copy paste artikel lalu Anda posting pada blog Anda adalah penghancuran masa depan blog Anda sendiri. Blog Anda akan dibaned oleh google, atau bahkan akan dikucilkan oleh komunitas blogger lainnya. Karena ini bukan semata soal SEO, akan tetapi juga merupakan tindakan curang dan culas yang melukai penulis asli artikel konten.
Jangan buang masa depan blog Anda. Saat melakukan copy paste, maka segala usaha Anda sebelumnya, dengan segala cara mengejar proses kenaikan traffic, melakukan submit dan menyebar link ke berbagai social media, atau juga otak-atik tampilan yang butuh waktu berjam-jam hingga berhari-hari, semua akan sia-sia dan berantakan akibat artikel copy paste.
Sebab, Google sendiri secara jelas dan tegas sangat membenci perilaku seperti ini. Sebagai blogger, kita semua tentu akan marah jika karya kita dengan seenaknya diambil oleh orang lain, tanpa pemisi. Karenanya ini adalah pelanggaran paling berat dan dapat dipastikan blog anda akan terkena dampak buruk hingga hukuman.

Banyak Belajar, Lupa Praktek
Ini adalah penyakit yang justru sering hingga pada blogger-blogger yang tergolong cerdas. Keinginan kuat dan kesenangan untuk terus mempelajari blog, SEO, traffic, submit, dan lain sebagainya akhirnya terhenti pada proses membaca dan mengamati video. Pengetahuan memang bertambah, akan tetapi tanpa praktek sesungguhnya keilmuan Anda sama sekali belum berkembang.
Lebih-lebih saat ini akses dan media untuk melakukan pembelajaran sangat terbuka, baik melalui video, artikel web atau blog, maupun artikel langganan yang dikirim langsung masuk ke email kita. Segala kemudahan itu harus kita imbangi dengan melakukan praktek, yang tentu lebih melelahkan dari pada membaca artikel dan menonton video pembelajaran itu sendiri.
Learning by Doing! Inilah pilihan yang harus Anda tempuh. Luangkan waktu lembur tanpa dibayar untuk mempraktekkan segala keilmuan yang Anda terima dari berbagai referensi yang ada. Praktek, praktek dan praktek adalah pilihan mutlak. Akan tetapi praktek saja tanpa diimbangi dengan sikap terbuka menerima pembelajaran dari berbagai media lain adalah juga kesalahan.

Tetap semangat, Mimpikan Menjadi Blogger Sukses!
Pada akhirnya, kerja keras diimbangi dengan kerja cerdas merupakan kombinasi dasar kesuksesan blog Anda. Tidak ada yang mudah, namun semuanya tidaklah mustahil. Bangun secara perlahan blog Anda dari kerja-kerja SEO yang sederhana, praktekkan dan lakukan secara berkelanjutan sesuai dengan saran para mastah SEO yang ada.

Jangan lupa sambil praktek untuk tingkatkan terus keilmuan blogger dan net marketing pada tubuh Anda. Bersikaplah terbuka, mau bertanya sekaligus kerelaan berbagi dengan para mastah dan blogger lainnya. Dengan sikap ini, Anda juga akan diuntungkan karena mendapatkan arahan dan berbagai artikel berbagi yang dituliskan oleh para net marketing senior.

Share it :

About Me : Teguh Firmansyah

Only Blogger Rumahan Yang Sedang Meniti Jalan Kesuksesan.

Related Posts

HIMBAUAN BERKOMENTAR
1. Harap Tidak Komen Dengan Menggunakan Link Aktif
2. Komentar Bukan Spam
3. Isi Komen Tidak Bersifat SARA
4. Komentar Harus Relevan