Menyusun Strategi Mengelola Blog dari Awal (Dasar Pengetahuan Wajib Untuk Pemula)

Labels this post :
Mengelola blog tentu butuh kesungguhan, tidak asal memiliki blog tanpa ada gambaran dan perencanaan yang memadai. Dibutuhkan pengetahuan-pengetahuan tambahan yang dapat memberikan gambaran positif dan terukur, bagaimana memulai blogging, mengukur tahapan pertumbuhan dan memproses percepatan graffic. Oleh sebab itu pada tulisan ini kami berikan rangkuman sederhana yang patut And abaca sebagai blogger pemula, agar proses blogging Anda dapat dilakukan dengan cermat dan tepat.
Langakh pertama adalah memilih model blog apa yang Anda pilih. Tentu penting bagi Anda mencermati karakter blog yang Anda kelola. Berikut referensi yang dapat Anda gunakan sebagau bahan pertimbangan model blog yang akan Anda kembangkan.

Blog Pribadi. Blog pribadi merupakan blog yang dikelola sebagai sarana ruang ekspresi personal, sebagai aktifitas tambahan mengisi waktu luang setiap hari. Topiknyapun beragam, sesuai dengan keinginan pemilik blog tanpa batasan apapun.

Blog Otoritas. Blog otoritas lebih serius. Topiknya adalah spesifik pada topik khusus. Misinya adalah menyampaikan sesuatu yang bermanfaat, tanpa riset kata kunci sehingga tidak tergantung pada mesin pencari. Blog otoritas juga sangat kuat dalam menggaet pengunjugndari berbagai social media, seperti Facebook, Twitter, Pinterest, IG, dan lain sebagainya.

Blog Niche. Berbeda dengan blog otoritas, Blog Niche focus pada pembidikan kata kunci yang dikelola dengan sungguh-sungguh dan melakukan proses optimasi SEO. Dengan demikian blog Niche sangat tergantung dengan mesin pencari.

Blog Spam. Ini adalah blog asal-asalan, tidak memperhatikan kualitas, diisi dengan tulisan asal ambil dari tulisan orang lain. Pengelola blog spam biasanya menggunakan berupa blog automatically generated content (AGC) yang bisa dengan mudah dibuat dalam jumlah masif. Selain tidak berkualitas, cara ini tidak baik karena mencuri karya orang lain. Blog spam juga mendapat peringkat yang buruk, bahkan ditolak oleh mesin pencari khususnya Google.

Pahamai Simulasi Tingkatan Blog.
Menjadi blogger sukses adalah cita-cita keseluruhan blogger. Namun tidak mungkin kesuksesan blog Anda datang dengan singkat, bimsalabim  dan dalam hitungan singkat blog Anda mendapat banyak sekali kunjungan. Sebagai catatan ringkasan tahapan yang harus Anda lalui, berikut tingkatan tahapan blogger yang dapat menjadi referensi blogger sukses.

Menyusun Strategi Mengelola Blog dari Awal (Dasar Pengetahuan Wajib Untuk Pemula)
Strategi Mengelola Blog dari Awal
Tahap Pendirian. Ini adalah proses set-up awal dan mengisi blog dengan konten berkualitas. Pastikan konten Anda merupakan konten terbaik, menjaga mutu dan lolos dari Copy Scape. Bijaklah dalam memilih jasa artikel konten pada tahap pendirian ini, di mana diserahkan kepada jasa penulis artikel yang benar-benar berkualitas.
Tahapan pendirian ini membutuhkan waktu sekitar 6 bulan, di mana konten blog Anda dapat terisi 100 konten atau sekitar 150 konten.

Tahap Pertumbuhan. Pada tahap ini Anda dapat memecah fokus tidak lagi semata meningkatkan kulitas konten. Pada tahap ini traffic Anda sudah mengalami pertumbuhan yang baik. Jika Anda bermain AdSense, pada tahap ini sudah mulai mendapatkan penghasilan. Anda dapat melakukan kinerja lanjutan dengan mencari back link, melakukan komentar dan berkunjung melakukan follow di blog lain. Jangan lupa tetapaktif update koonten, dapat Anda lakukan seminggu dua kali artikel saja.
Proses pertumbuhan ini membutuhkan rentang waktu yang lebih lama, berkisar 6 bulan hingga 12 bulan. Kadang kita juga mengalami situasi blog yang tidak kunjung membaik secara traffic. Akan tetapi jangan kecewa apalagi putus asa. Kadang juga blog mengalami kenaikan yang lebih konsisten sejak bulan ke-12 tahap petumbuhan blog.
Tahap Pematangan. Fase ini tidak sekeras fase pertumbuhan. Pada fase ini Anda dapat menikmati hasil Adsense atau iklan, atau hasil jualan produk Anda sendiri. Fase ini biasanya sudah banyak pengunjung sehingga memonetisasi blog akan lebih mudah. Jangan lupa tetap melakukan kinerja update konten, proses pematangan ini berkisar 6-12 bulan.

Tahap Pemeliharaan. Tahapan ini disebut oleh banyak blogger sebagai tahapan yang menyenangkan dengan waktu yang tidak terbatas. Banyak blogger sukses pada tahapan ini, sebut saja seperti Agus Ramdhani, Nurudin Jauhari, Kang Rohman, dan lain-lain.

Bersiaplah Menjadi Blogger Sukses
Tentu tidak semua blogger mendapatkan kesuksesan yang sama. Hal ini mudah ditebak, karena kapasitas keilmuan, kecakapan, ketekunan dan juga keberuntungan yang berbeda-beda. Akan tetapi berikut kami ulas beberapa hal yang dapat membantu Anda menjadi blogger sukses.

Arti Sukses
Ukuran kesuksesan sebagai blogger setidaknya ada 4 (empat) indicato. Yakni pertama kekayaan atau harta. Sudah pasti blogger sukses mendapatkan penghasilan yang cukup dari blog yang dikelola. Terlepas apakah bolgger tersebut menjadi sosok yang menuhankan harta, atau sebaliknya menjadi orang yang tetap merendah dan dermawan, tetap saja ukuran income dari blog adalah indicator kesuksesan seorang blogger.
Kedua, Poplaritas. Biasanya memang ini sejalan dengan semakin popularnya blog yang dikelola. Ketiga, adalah dampak positif. Hal ini merupakan keharusan bagi orang yang sudah mendapatkan income yang cukup dan juga popularitas. Contoh yang umum adalah berbagi, dimana banyak blogger sukses ingin menularkan pengetahuannya kepada bolgger-blogger pemula.
Selain ukuran dan arti sukses di atas, perlu disimak juga beberapa tips berikut, kami susun sebagai perilaku para blogger sukses.

Konsisten Update Artikel. Tidak ada blogger sukses yang meninggalkan update artikel. Ini adalah kewajiban yang harus dilakukan, baik pada proses pendirian, pertumbuhan, maupun pada saat blog telah dikunjungi hingga ribuan orang per harinya.

Melakukan Interaksi dengan Pembaca Blog. Banyak manfaat dengan berinteraksi kepada orang yang membaca blog Anda. Tidak semata dalam rangka proses SEO, berinteraksi secara aktif dapat membantu Anda memiliki sikap yang ramah, disukai oleh pengunjung, yang pada akhirnya memberikan kepuasan dan kenyamanan pengunjung. Ini sangat membantu menciptakan pengunjung yang konsisten pada blog Anda.

Tidak (Terlalu) Pelit Back Link. Kejujuran adalah hal penting dalam mengelola segala sesutau. Jika memang Anda mengutip kalimat, ide atau gagasan dan redaksi dari orang lain, maka memberikan backlink sebagai sumber informasi adalah perilaku yang sangat etis. Hal ini membantu Anda semakin interaktif di dunia blogger dan membantu pengunjung memperdalam wawasannya dari banyak sumber.

Menulis atau Membuat Konten yang Baik. Tentu saja ini menjadi kwajaran. Saat tulisan kita enak dibaca, linier dan dapat dengan nyaman di baca, maka menjadi nilai plus khusus bagi Anda, dan yakinlah kelebihan ini akan mampu mengantarkan kesuksesan Anda mengelola blog. Dengan tata bahasa yang baik blog Anda sangat mudah dipahami dan memungkinkan pengunjung akan membaca banyak hal dari suguhan blog Anda.

Segala penjelasan di atas tentu saja rangkuman semata, belum menjadi kunci kesuksesan menjadi blogger. Masih banyak hal yang harus And abaca dan peljari hingga menemukan rumusan metode, strategi, sikap dan cara berfikir yang tepat untuk menunjang kesuksesan Anda di dunia blogger. Yang dibutuhkan tentu tidak semata kesenangan Anda membacanya, akan tetapi juga dengan senang hati segera mempraktekkannya.

Share it :

About Me : Teguh Firmansyah

Only Blogger Rumahan Yang Sedang Meniti Jalan Kesuksesan.

Related Posts

HIMBAUAN BERKOMENTAR
1. Harap Tidak Komen Dengan Menggunakan Link Aktif
2. Komentar Bukan Spam
3. Isi Komen Tidak Bersifat SARA
4. Komentar Harus Relevan