Menyimak Beberapa Peluang Bisnis Menggunakan Media Internet (Bag.1)

Labels this post :
Internet kini menjadi kail yang mampu memacing banyak ikan dengan jumlah pemancing yang kian membesar. Kemudahan aksesnya membuat internet bukan lagi monopoli orang perkotaan. Bahkan bagi Anda yang tinggal di wilayah terpencilpun, tanpa akses jalan raya ataupun infrastruktur yang memadai, asal memiliki jaringan internet, maka Anda dapat membuka peluang bisnis apapun! Dan tidak semata bisnis basa-basi, bahkan Andapun bisa mendulang rupiah lebih dari jutaan rupiah per bulan!
Tentu tidak serta merta keberadaan internet memberikan jaminan kesuksesan Anda. Yang pasti adalah keilmuan dan keyakinan Anda dalam menjalani usaha yang Anda tekuni. Selain itu juga terkait kreatifitas Anda dalam melihat dan mengincar peluang yang ada untuk dimaksimalkan menjadi pintu aliran uang yang masuk ke rekening Anda.
Pertanyaannya, unit usaha atau bisnis apa yang dapat dikelola dengan menggunakan internet tersebut? Berikut beberapa rangkuman dari berbagai sumber. Semoga dapat membantu Anda menentukan pilihan yang tepat usaha yang akan Anda geluti.
Oh ya, sebelum membaca keseluruhan peluang usaha melalui internet, setidaknya kami berikan gambaran umum. Media internet dapat Anda jalankan sebagai bisnis setidaknya dapat melalui 3 jalur umum, meliputi:
Menyimak Beberapa Peluang Bisnis Menggunakan Media Internet (Bag.1)
Beberapa Peluang Bisnis Online 

Berjualan Online. Ada banyak cara berjualan online. Mulai dari penjual besar dengan memiliki stock sendiri, atau reseler, agen, dan lain sebagainya. Semuanya disesuaikan dengan kondisi kemampuan pemikiran, tenaga, waktu dan keuangan Anda sendiri.

Menjadi Blogger. Banyak contoh blogger sukses melakukan optimasi SEO blog dan menghasilkan saluran pipa “air uang” yang mengalir ke rekeningnya. Secara khusus menjadi blogger sangat cocok untuk Anda yang suka menulis.

Amazon FBA. Untuk bergabung dengan Amazon FBA tentu harus memiliki kemampuan yang cukup bahasa Inggris. Peluang usaha ini sangat menarik bagi orang-orang yang sangat menyukai tantangan.
Oke, mari kita bahas masing-masing ya.

Baca Juga : Bagian Kedua

Berjualan Online
Berjualan online menjadi pilihan banyak masyarakat kita saat ini. Ada beberapa cara berjualan online, secvara ringkas kami rangkum dalama keterangan sebagai berikut.

Membuat Website. Berjualan online dengan membangun website merupakan pilihan paling memungkinkan memberikan penghasilan yang semakin membesar. Syaratnya adalah Anda mau terus berjalan, tidak berhenti dan melanjutkan usaha jualan online Anda secara berkelanjutan. Secara umum, mereka yang bergerak pada jual beli online menggunakan website, dengan rutin melakukan update produk, penjualan akan semakin laris setelah melewati masa 6 bulan atau 12 bulan.

Menggunakan Facebook. Banyak juga penjual online yang tidak menggunakan website sebagai display produk. Akan tetapi hanya menggunakan facebook. Tentu ini dibutuhkan keilmuan spesifik bagaimana cara berjualan yang tertarget dengan menggunakan murni Facebook saja.

Menggunakan Instagram. Akhir-akhir ini juga popular berjualan dengan menggunakan akun instagram. Kemudahan melihat display produk dan kesederhanaan tampilan picture sekaligus videonya memberikan akses penjualan yang cepat. Keunggulan Instagram lagi adalah selalu identic dengan gadget, memungkinkan setiap orang yang mempunyai gadget dapat melakukan pembelian dengan sangat mudah.

Menggunakan BBM. Kadang kita mendapatkan Broad Cast yang bertubi di BBM. Ya, mereka adalah sebagian dari penjual online yang lebih banyak menggunakan media BBM sebagai metode pemasaran.
Dan masih banyak lagi media yang dapat digunakan seperti Line, Whatsapp, Pinterest, Twitter, dan lain sebagainya. Tentu tidak harus semua media itu digunakan. Memilih satu saja asal keilmuan dan penguasaan aplikasinya baik sudah dapat menghasilkan penjualan dan keuntungan yang menggiurkan.
Selain menggunakan media social di atas, dan juga selain membangun website sendiri, ada pula metode jualan yang sangat mudah dan sangat membantu kita. Mengapa, sebab kita tidak lagi dipusingkan dengan bagaimana mendatangkan pengunjung, bagaimana bertransaksi, dan juga menjamin keamanan dan kepercayaan kita. Media yang dapat Anda gunakan untuk jualan tersebut adalah menggunakan:
ü  Tokopedia
ü  Bukalapak
ü  Kaskus FJB
ü  OLX
ü  eBay (Internasional)
ü  dan lain sebagainya.
Lalu, Bagaimana pemilihan produk yang dapat kita Jual? Produk apa yang laris? Dimana mendapatkannya? Bagaimana cara mengirimnya? Padahal saya tinggal di daerah pengunungan yang tentu harus turun hamper 30 km hanya untuk mendapatkan kantor pos! Apakah ini memungkinkan?
Untuk menjawab itu semua, anda dapat melakukan tindakan sebagai berikut;
ü  Tentukan produk yang ingin anda jual. Tidak perlu terfokus pada produk apa yang laris. Yakinlah bahwa keseluruhan produk apapun dapat menghasilkan penjualan. Yang terpenting adalah Anda segera mendapat jawaban produk apa yang ingin Anda jual.
ü  Temukan supplier utama dari produk tersebut. Carilah supplier untuk melakukan pembelanjaan dalam jumlah yang cukup agar mendapatkan harga murah. Untuk medapatkan supplier tersebut tentu Anda harus mempertimbangkan nilai efektifitas dan ekonomisnya, menyesuaikan dengan lokasi Anda melakukan stoking (jika memang bermaksud Anda kirim sendiri lewat ekspedisi terdekat dari tempat Anda)
ü  Mencari Partner Penjual yang belum Online. Ini juga merupakan langkah nyaris tanpa modal, dimana pengetahuan dan proses pembelajaran online Anda dapat disalurkan dengan menggandeng mitra produsen, distributor atau toko yang masih menggunakan metode lama.
ü  Sistem Dropship. System dropship juga merupakan alternative bagi Anda yang ingin memulai usaha tanpa modal dan tanpa disibukkan dengan aktifitas pengiriman. Anda tinggal duduk melakukan kerja pemasaran melalui internet di rumah (meskipun rumah Anda ada di wilayah terpencil) sambil melakukan transaksi, lalu memberikan kepercayaan proses pengiriman produk kepada supplier Anda.
Dari masing-masing system atau cara Anda memperoleh produk tersebut, tentu pilihannya disesuaikan denga kondisi Anda sendiri saat ini, atau saat Anda memulai usaha jualan online. Masing-masing pilihan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut kami ulas sedikit tentang kelebihan menggunakan metode tertentu pada proses mendapatkan barang untuk dijual secara online.

Dropshiper. Metode ini memungkinkan Anda menjual produk tanpa modal sama sekali. Yang penting bagi Anda adalah adanya koneksi internet sebagai sarana marketing online. Metode dropshiper merupakan metode paling aman, tanpa resiko sama sekali, dapat Anda lakukan sambil menekuni pekerjaan lain yang sudah ada.
Alur transaksi dropshiper adalah sebagai berikut:
ü  Anda sebagai penjual menwarkan produk tertentu
ü  Pembeli menghubungi Anda, berniat melakukan pembelian dari produk yang Anda tawarkan
ü  Anda bertransaksi dengan pembeli, melakukan rekap harga dan ongkos kirim  yang harus dibayarkan agar produk yang diinginkan dapat sampai ke alamat pembeli
ü  Setelah pembeli melakukan transfer, Anda menghubungi penjual mitra Anda (disebut dengan supplier)
ü  Anda melakukan transfer harga dan ongkos kirim ke supplier. Tentu Anda terlebih dahulu sudah mengambil keuntungan dari transaksi sebelumnya.
ü  Suplier mengirim pesanan pelanggan Anda, dengan pengirim atas nama Anda sebagai penjualnya.
 Menjadi dropshiper tentu pilihan paling realistis untuk Anda yang tidak memiliki modal, atau Anda yang tinggal di wlayah terpencil dan jauh dari segala akses ekspedisi pengiriman barang, akses jalur yang sulit, dan kendala pedesaan lainnya. Selain mendapatkan barang dengan system dropship, Anda juga dapat menjadi supplier, agen, stokist dan istilah lainnya, kami bahas pada artikel bagian 2. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Hukum Dropsihip dan Solusinya.

Share it :

About Me : Teguh Firmansyah

Only Blogger Rumahan Yang Sedang Meniti Jalan Kesuksesan.

Related Posts

HIMBAUAN BERKOMENTAR
1. Harap Tidak Komen Dengan Menggunakan Link Aktif
2. Komentar Bukan Spam
3. Isi Komen Tidak Bersifat SARA
4. Komentar Harus Relevan