Memahami Konsep Dasar SEO dan Cara Memulai Kinerja SEO (Untuk Pemula)

Labels this post :
Jika Anda newbie, istilah untuk para blogger pemula yang masih akan mencoba keberuntungan dengan berselancar pada dunia blogger, maka Anda tepat berada di sini. Kami akan menyuguhkan berbagai artikel tentang bagaimana cara belajar SEO , khususnya bagi pemula.
Apa itu SEO?
SEO singkatan dari Search Engine Optimization. Istilah ini digunakan pada kerja atau usaha-usaha mengoptimasi website pencari agar mendapatkan peringkat yang lebih baik di hasil pencarian. Optimasi SEO dimaksudkan agar website kita dapat ngongol di halaman utama atau bahkan baris pertama saat orang membutuhkan informasi yang diinginkan.
Berikut Meta Kronologi Konsep Dasar SEO
Seseorang mengetikkan “cara diet alami” di google. Maka muncul ratusan website dengan judul-judul tertentu yang ditampilkan oleh google. Website dengan optimasi SEO yang baik sesuai dengan kerja algoritma google, maka akan mendapatkan prioritas ditempatkan oleh google pada halaman 1 atau bahkan pada baris-baris awal. Seperti pada baris satu, dua, tiga atau empat.
Sebagai pengunjung, maka kecenderungan akan membuka website yang ditampilkan oleh google pada halaman pertama dan baris atas. Saat website kita dikunjungi oleh seseorang, maka pada saat itu kita memiliki potensi untuk melakukan kinerja marketing, baik jualan produk atau adsens.

Baca Juga : Tips Menjadi Page One di Google

Apakah Saya Bisa Belajar Otodidak SEO?
Tentu saja bisa! Yang terpenting adalah Anda meluangkan waktu untuk secara berkelanjutan mempelajari dan mempraktekkannya. Lalu, apa yang harus pertama saya lakukan untuk melakukan kinerja SEO, agar website saya mendapat prioritas google diletakkan pada halaman satu? Berikut dasar awal yang harus Anda lakukan.
Memulai Kinerja SEO
 Memulai Kinerja SEO

Langkah Pertama, 5 Jurus Awal Optimasi SEO
Optimasi On Page
Susunlah web/ blog Anda dengan tampilan yang mudah dipahami. Harapannya, saat seseorang membuka blog Anda, maka dapat dengan mudah berselancar pada berbagai artikel lain yang ada pada halaman blog Anda. Karena itu, bualah tampilan page yang enak di baca, menarik dan juga nyaman.
Aktif Membuat Kontent yang SEO Meanded
Kesalahan blogger pemula adalah justru terlalu lama mengotak atik tampilan. Segera saja lakukan optimasi dengan mengisi blog atau website Anda. Buatlah artikel yang menarik, original, buka copy paste, dan juga jangan lupa sisipkan kata kunci yang sesuai agar mudah dikenali mesin pencari. Lakukan secara rutin, karena semakin banyak content akan sangat membantu website atau blog Anda semakin banyak pengunjung.
Untuk memenuhi konsep dasar SEO, artikel yang dasarankan adalah Original. Buka artikel hasil plagiat. Jika plagiat atau copy paste, justru akan memperburuk kinerja SEO. Bahkan bisa jadi google akan mendepak dari mesin pencarinya.
Riset kata kunci (Keyword research)
Selama menulis artikel, terlebih dahulu kata kunci yang akan ditonjolkan. Apa itu kata kunci? Kata kunci adalah sebagaimana seseorang menulis “cara diet alamai” pada google. Dengan kata kunci, Anda dapat mengukur kualitas kunjungan yang masuk sesuai dengan kata kuni yang Anda inginkan sendiri.
Membangun popularitas, link, dan reputasi
Jangan lupa menyisipkan link tulisan sebelumnya pada setiap artikel selanjutnya. Ini tidak semata dalam rangka memudahkan pembaca untuk berselancar pada blog Anda, akan tetapi sebagai kinerja SEO itu sendiri. Selain itu, sebarkan link pada berbagai media social, dan jangan lupa membalas komentar yang masuk.
Menganalisa Kompetitor
Melihat competitor adalah cara termudah untuk melihat kualitas blog/website kita secara objektif. Bandingkan dan ambillah sikap untuk berubah jika diperlukan dalam rangka memperbaiki kualitas blog atau website.
Perhatikan dengan seksama perkembangan blog Anda. Jangan terfokus pada hasil instan. Yang terpenting adalah blog Anda secara bertahap dan berkelanjutan semakin banyak mendapatkan kunjungan.
Langkah 2, Melakukan Analisa performa konten
Ruh atau nyawa sebuah blog atau website adalah kualitas konten. Analisa content ini terkait erat dengan tujuan Anda dalam membangun blog atau website. Sebagai permisalan apakah tujuan Anda mengelola blog, mungkin pilihannya adalah sebagai berikut;
ü  Mendapatkan pengunjung
ü  Meningkatkan penjualan
ü  Atau mendapatkan penghasilan
Tentu saja dari ketiganya merupakan tujuan dari blogger atau net marketer. Namun bagaimana jika terjadi banyak pengunjung, akan tetapi belum meningkatkan penjualan segnifikan, atau tidak meningkatkan pendapatan atau penghasilan Anda. Inilah yang dimaksud dengan melihat kembali performa konten sesuai dengan tujuan Anda membuat blog atau website.
Bisa jadi Anda membuat konten dengan menebak kata kunci yang popular dan memungkinkan mendapatkan banyak kunjungan. Atau barangkali juga Anda menggunakan google planner untuk menemukan kata kunci yang popular.
Akan tetapi, pada kenyataannya banyak pengunjung belum tentu memberikan nilai tambah pada tujuan Anda berikutnya, yakni terjadinya penjualan dan penambahan penghasilan. Lalu bagaimana cara menganalisa performa konten blog atau website sesuai dengan tujuan kita?
Gambaran yang sederhana, cobalah untuk kembali mengotak-atik mindsite Anda dalam:
-          Melakukan riset kembali kata kunci yang sesuai dengan tujuan Anda, khususnya dalam rangka memberikan dampak baik pada tujuan Anda mendapatkan kunjungan.
-          Cek kembali persebaran kata kunci keseluruhan content pada blog Anda. Kadang kata kunci yang seragam dalam keseluruhan konten justru tidak disukai google.
-          Lihat artikel yang popular pada blog atau website Anda, apakah bersentuhan langsung dengan tujuan Anda dalam mendapatkan penjualan atau penghasilan tambahan.
-          Anda juga dapat melakukan analisis dari data yang nyata, missal dengan bantuan google analytics lalu mengolahnya sebagai bahan evaluasi dalam rangka melakukan tindakan sesuai kreatifitas Anda untuk meningkatkan traffic, konversi, maupun penjualan.
Pada langkah 2 ini, focus newbie memang pada analisis konten. Hal ini dimaksudkan agar blog atau website Anda tidak bekerja sia-sia. Jadi, selain konsistensi Anda dalam menulis artikel blog atau website, maka proses yang tidak kalah penting adalah melakukan analisa konten/artikel Anda dalam rangka memenuhi tujuan Anda mengelola blog atau website. Dan jangan lupa tetap menggunakan standart SEO agar content Anda justru tidak menjadi perusak SEO. Tetap tuliskan konten yang enak dibaca, bukan copy paste, lolos copy scape, unik, dan persebaran kata kunci yang baik dan kreatif.

Langkah 3, Lakukan Analisis lanjutan Untuk Memaksimalkan Kinerja SEO
Yang harus dipahami, optimasi SEO adalah proses kinerja yang harus terus berkelanjutan. Blogger atau pemilik website (khususnya newbie) tidak boleh berhenti pada langkah 5 jurus awal di atas. lanjutkan dengan mengamati kinerja blog atau website Anda untuk melakukan kinerja SEO lanjutan. Jadi, Salah besar jika SEO hanya dilakukan sekali saja lalu menunggu hasilnya. Tentu saja ini pandangan yang sangat parsial.
Banyak tools yang dapat digunakan untuk melakukan analisis SEO. Meskipun tidak wajib, tapi bagi marketer SEO yang serius dapat menggunakan beberapa optimasi seperti meng-integrasikan Search Console dan Google Analyticsatau melakukan crawling dengan alat bantu. Langkah 3 ini sebaiknya dilakukan setelah Anda mempraktikkan Langkah 1 dan Langkah 2 di atas dengan istiqomah.

Demikian ulasan singkat untuk membantu para blogger newbie, semoga saja tulisan ini bermanfaat.

Share it :

About Me : Teguh Firmansyah

Only Blogger Rumahan Yang Sedang Meniti Jalan Kesuksesan.

Related Posts

2 comments Add Comments

mantab mas informasinya, saya masih pemula dalam blogging. Kalau berkenan bisa berkunjung ke blog saya https://mas7ama.blogspot.co.id

mau nanya GAN apakah metode di atas berlaku juga untuk blog seperti toko toko online atau hanya pada blog yang mengutamakan artikel
mohon pencerahannya..
terimakasih

HIMBAUAN BERKOMENTAR
1. Harap Tidak Komen Dengan Menggunakan Link Aktif
2. Komentar Bukan Spam
3. Isi Komen Tidak Bersifat SARA
4. Komentar Harus Relevan