Cara meningkatkan Penghasilan Blog dengan Optimasi Adsense Bagi Pemula

Labels this post :
Cara meningkatkan Penghasilan Blog dengan Optimasi Adsense tentu sudah banyak diulas oleh banyak mastah. Sebab memang itu tujuan dari seorang blogger: meningkatkan penghasilan. Namun kali ini saya akan menuliskan dengan bahasa yang sederhana dan sesingkat mungkin, agar blogger newbie dapat dengan mudah mempelajari dan mempraktekkannya. Tulisan ini memang secara spesifik kami peruntukkan untuk blogger pemula.
Sebagai langkah awal, syarat utama meningkatkan penghasilan blog melalui AdSense tentu saja mendaftar sebagai publisher google adsense. Setelah terdaftar dan disetujui, maka lakukan langkah-langkah berikutnya sebagai berikut;

Langkah 1 - Pertahankan Kualitas Blog dengan Update Artikel
Ruh blog adalah artikel (konten) yang berkualitas. Sayarat utama konten berkualitas ini juga sudah sering disinggung, yakni hindari artikel copas (scrapped content). Lakukan update artikel dengan menulis ulang/menyadur (thin content). Sebagian besar pemula dengan  keterbatasan penguasaan materi blog melakukan ini, yakni menulis ulang artikel dengan bahasanya sendiri.
Rajinlah melakukan update blog secara rutin, periodic dan teratur, apalagi untuk . Sebetulnya ini tergantung dengan niche blog yang akan dipasangkan script adsense. Mungkin Anda hanya membutuhkan posting satu artikel dalam satu bulan pada satu niche blog tertentu. Akan tetapi juga penting update artikel lebih dari sekali dalam satu hari pada niche blog tertentu lainnya. Semua tergantung strategi Anda dalam mengelola adsense.
Yang terpenting, jangan sekali-kali melakukan plagiasi dengan mengambil artikel orang dan mem-paste-kannya pada blog Anda. Hal ini sangat tidak disukai oleh google, bahkan sudah menjadi peraturan google untuk tidak melakukan cara demikian. Jika dipaksakan, maka bersiap-siaplah “bunuh diri” karena akun anda dibanned oleh google dan hilang dari peredaran mesin pencari google.

Cara meningkatkan Penghasilan Blog dengan Optimasi Adsens Bagi Pemula
Cara Meningkatkan Penghasilan Adsense

Langkah 2 – Mengenal Strategi Adsense
Jika langkah di atas sudah dilakukan, maka saatnya Anda menginjak pada strategi dan langkah berikutnya, yakni strategi adsense. Perhatiakn dengan seksama pejelasan saya dan sebisa mungkin praktikkan.
Tidak semua iklan yang kita pasang selalu menghasilkan klik. Jika blog kita hanya mendapatkan kunjungan tanpa adanya klik adsense, tentu bukan pertanda baik. Potensi penghasilan dari klik adsense sudah nyata-nyata hilang.

Strategi Adsense 1
Untuk itu lakukan apa yang telah direkomenasikan oleh google sebagai alternatif strategi memasang adsense. Lebih dahulu lakukan riset CPC dan RPM sejenak. Anda bisa melakukan dengan publisher tool bar yang dapat Anda gunakan pada google chrome. Proses ini akan membantu Anda melihat prediksi klik dan nilai per klik dari iklan adsense.
Riset ini juga membantu Anda dalam melakukan estimasi penghasilan bulanan. Disarankan untuk tidak memilih iklan adsense yang berukuran besar. Karena pengalaman banyak mastah justru nilai RPMnya kecil. Selain itu adsense besar model resposnsive pada sidebar juga kurang nyaman untuk pengunjung blog Anda.


Strategi Adsense 2
Stratgei lain, lakukan pemasangan chanel khusus untuk google adsense. Hal ini sangat nyaman bagi pengunjung blog Anda. Selain itu, jika channel (saluran khusus) yang dibuat menarik perhatian dari pemasang iklan, hal ini sungguh akan memberikan nilai surplus value yang lebih baik. Sebab saluran khusus dapat memiliki nilai CPC dan RPM cukup besar. Hal ini sangat membantu Anda meningkatkan penghasilan Adsense lebih besar.

Strategi Adsense 3
Pilihan meletakkan iklan adsense juga berpengaruh pada upaya menigkatkan penghasilan dari adsense. Sesuai dengan saran google, peletakan yang baik adalah meletakkan script pada sidebar bagian kanan atas, atau di wilayah sekitar menu navigasi. ANda juga bisa menambahkan peletakan script di bawah posting artikel berdekatan dengan tombol share. Peletakan ini terbukti dapat memberikan nilai CPC dan RPM yang cukup tinggi untuk mengkatkan penghasilan Anda dari blog.
Saran dari google terkait peletakan ini memang sudah diperhitungkan. Logikanya adalah, jika blog Anda menarik dan meyakinkan pengunjung untuk bertahan membuka blog Anda, maka pengunjug selalu mencari menu navigasi yang biasa kita sematkan di bagian atas blog.
Mengapa demikian? Sebab pada awal membuka blog, jarang pengunjung langsung me-klik iklan. Jika blog Anda menarik, barulan pengujung berusaha untuk mencari nagiasi menu untuk melanjutkan proses pencarian informasi yang diinginkan. Pola perilaku pengunjung ini yang dapat kita sambut dengan memasang iklan adsense di sekitar navigasi menu.

Strategi Adsens 4
Apakah warna iklan adsense berpengaruh pada peningkatan penghasilan melalui blog? Jawabnya adalah iya. Google misalnya memberikan saran untuk memilih iklan dengan warna yang kontras jika kita memasang iklan adsese pada postingan. Sebaliknya, kita dapat memilih iklan adsense dengan warna yang sesuai dengan latar belakang jika memasang script adsense di wilayah sidebar. Cara ini dapat meningkatkan intensitas jumlah klik yang tinggi.

Strategi Adsense 5
Apakah format ukuran iklan juga berpengaruh? JAwabnya ia. Ini terkait dengan metode dasar perilaku pengunjung blog. Pasangkan iklan dengan ukuran 300×250 dan 336×280 saja pada bagian bawah judul posting.
Sebagai percontohan, jika Anda memasang format responsive pada penggunaan smart phone, maka hasil iklan adsense akan tampil penuh pada layar smartphone. Banyak net marketing memang menyarankan menggunakan format responsive pada smartphone. Akan tetapi perlu Anda evaluasi, apakah cara ini efektif, atau justru sebaliknya. Sebab dengan format responsive, selain tidak nyaman juga sangat menggnaggu pengunjung yang bermaksud melakukan scrool, akan tetapi justru mengenai ilan adsens, lalu buru-buru pengunjung melakukan klosing blog.

Strategi 6
Anda juga dapat melakukan proses peningkatan klik dari pencarian organic. Hal ini disesuaikan dengan niche blog Anda. Jika kata kunci artikel Anda terkait dengan iklan adsense, maka penghasilan Anda akan bertambah dan berlipat saat pengunjung melakukan klik. Google pada kenyataannya memahami dan cukup adil dengan memberikan nilai tambah pada cara alamiah ini.

Strategi 7
Ini adalah strategi terakhir yang dapat Anda praktekkan, khususnya untuk pelaku adsense pemula. Strateginya adalah: pemilihan niche blog yang memang memiliki harga klik yang tinggi. Untuk mendapatkan niche blog yang memang memiliki nilai tinggi, maka Anda harus melakukan riset melalui google keyword planner. Niche blog dengan harga tinggi tentu memiliki persaingan yang kompetitif. Untuk itu Anda harus secara tekun melakukan upaya SEO yang lebih, melakukan proses pengamatan dan analisis performa blog Anda dengan seksama.


Sebetulnya masih banyak strategi lanjutan yang dapat Anda pelajari seksama secara otodidak. Pada artikel ini kami hanya bermaksud memberikan ulasan singkat saja dengan bahasa sederhana tentang Cara meningkatkan Penghasilan Blog dengan Optimasi Adsens. Tugas Anda beriktnya adalah melakukan modifikasi sendiri dari sekian strategi di atas. Jangan menyerah, karena pekerjaan SEO tidak mungkin tuntas dalam satu kali saja. Anda harus meluangkan lebih banyak waktu untuk memantau, melakukan analisis grafik dan mempraktekkannya sesuai dengan daya imajinasi Anda dalam mengkap maksud SEO. Harapan kami Anda sukses mempraktikkannya.

Share it :

About Me : Teguh Firmansyah

Only Blogger Rumahan Yang Sedang Meniti Jalan Kesuksesan.

Related Posts

2 comments Add Comments

Kalau mau mengajukkan ke google adsense harus pakai private domain ya? gaboleh pakai blogspot lagi?

btw thanks infonya gan, cukup bermanfaat.

bisa mas, pertama ane juga pake blogspot..
sama-sama gan..

HIMBAUAN BERKOMENTAR
1. Harap Tidak Komen Dengan Menggunakan Link Aktif
2. Komentar Bukan Spam
3. Isi Komen Tidak Bersifat SARA
4. Komentar Harus Relevan