Komputer Bekas? Jangan Di Buang, Coba Manfaatkan Disini

Labels this post :
Beberapa perusahaan mengurangi komputer mereka setelah masa pakainya lebh dari tiga tahun. Begitu komputer mencapai akhir masa pakainya, apa yang anda lakukan terhadap mereka? Dalam beberapa industri dan di wilayah tertentu, perusahaan sekarang diminta untuk menunjukkan kepatuhan terhadap standar ramah lingkungan dan kelestarian lingkungan. Salah satu cara menunjukannya adalah dengan memiliki kebijakan untuk membuang komputer lama.
 Namun, selain itu berikut hal-hal yang bisa anda lakukan.

1. Bekerja Sama dengan Sekolah Setempat
Perusahaan dapat bermitra dengan sekolah-sekolah setempat dengan menyumbang komputer bekas layak pakai yang dapat mereka gunakan untuk proyek-proyek teknologi. Beberapa perusahaan melakukan langkah lebih jauh melalui kemitraan dengan sekolah-sekolah dalam program pengembangan teknologi yang meliputi megang di perusahaan. Siswa magang dari program ini dapat dipekerjakan sebagai pegawai. Perusahaan juga membangun reputasi baik di masyarakat

Baca Juga : Tips Mengatasi Masalah Pada Komputer

2. Gunakan untuk pelatihan dan pengetesan
Di lingkungan thin client yang tidak bergantung pada CPU tersendiri, seperti cloud, komputer lama sangat ideal untuk pelatihan yang secara historis, biasanya, minim anggaran dan selalu mencari suntikan sumber daya. Anda juga dapat menggunakan komputer lama anda untuk pengetesan, asalkan hasil tes akurat, seperti pada lingkungan produksi riil.

3. Ambil komponen yang masih bisa digunakan
Beberapa komponen komputer lama dapat di gunakan sebagai suku cadang jika masih ada kompatibel dengan komputer baru. Salah satu contoh adalah harddisk.

4. Tukar tambah
Jangan pernah menyepelekan tukar tambah. Anda bisa saja menghemat sepertiga dari harga komputer baru. Jika komputer di sewa dari pihak ketiga, siapa tahu dalam kontrak sewa disebutkan anda akan mendapatkan potongan jika menukar komputer lama dengan yang baru.

5. Jual kepada pihak ketiga
Khusus server, mainframe, dan harddisk spesifikasi tinggi, biasanya, ada penjual yang akan membeli dari kita (untuk dijual kembali ke perusahaan lain).

6. Rotasikan ke user biasa
Di sebagian besar perusahaan, user yang intens biasanya di bagian keuangan dan engineering. User yang membutuhkan dekstop atau laptop dengan spesifikasi lebih rendah biasanya di gudang, pabrik, atau di lokasi kerja yang ada banyak gangguan lingkungan (debu dan sebagainya) yang tidak memerlukan komputer terbaru. Banyak perusahaan memiliki siklus rotasi bawah yang merotasi komputer ke user biasa setelah jangka waktu tertentu. Dengan strategi ini, perusahaan dapat memperpanjang siklus hidup komputer selama dua tahun atau lebih.

Komputer Bekas? Jangan Di Buang, Coba Manfaatkan Disini
Komputer Bekas? Jangan Di Buang, Coba Manfaatkan Disini

7. Jual atau lelang kepada karyawan
Banyak karyawan mencari laptop murah yang dapat mereka dan anak-anak mereka gunakan di rumah atau di sekolah. Jika mereka dapat membeli laptop bagus (yang memang bukan terbaru dan terbaik), tapi masih bekerja dan sesuai anggaran mereka, mereka dengan senang hati mengambilnya dari tangan anda.

8. Donasikan ke badan amal
Badan amal selalu mencari komputer gratis yang dapat menjalankan operasional mereka. Namun, bukan berarti kita memberikan komputer kuno yang tidak mendukung internet atau tidak bisa menjalankan pengolah kata atau program spreadsheet. Sekarang, badan amal menetapkan standar minimum untuk menerima komputer lama, misalnya, setidaknya, bisa menjalankan operating system Windows Vista.

9. Jual kepada Tukang Besi
Perusahaan biasanya memberikan komputer lama ke pendaur ulang. Namun, di pasar logam, yang menguntungkan saat ini, yaitu jual komputer tersebut kepada tukang besi.

Demikianlah tulisan mengenai Komputer Bekas? Jangan Di Buang, Coba Manfaatkan Disini,  semoga bermanfaat. Silahkan di share serta komen dan jangan lupa untuk terus mendukung web ini dengan cara like fanspage dan follow blog Mas Teguh.Terimakasih

Share it :

About Me : Teguh Firmansyah

Only Blogger Rumahan Yang Sedang Meniti Jalan Kesuksesan.

Related Posts

HIMBAUAN BERKOMENTAR
1. Harap Tidak Komen Dengan Menggunakan Link Aktif
2. Komentar Bukan Spam
3. Isi Komen Tidak Bersifat SARA
4. Komentar Harus Relevan