Hati-Hati Penyakit Ini Timbul Akibat Diet Ketat

Labels this post :
Selamat datang di blog masteguh.
Banyak di antara kita yang melakukan diet ketat agar mendapatkan tubuh yang langsing dan proposional dalam waktu singkat. Padahal, kehilangan berat badan lebih dari 1,4 kg per hari berindikasi diet yang kita jalani berjalan terlalu cepat.  Dalam situs health.usnews.com disampaikan bahwasannya tubuh manusia itu tidak di rancang untuk dapat melakukan adjustment dengan program diet yang di lakukan secara kstrim.

Para pakar gizi pun menjelaskan bahwa diet ekstrim yang tidak memperhatikan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh merupkan diet yang salah dan memicu timbulnya banyak gangguan kesehatan. Berikut ini dampak negatif yang mungkin akan kita alam bila diet yang kita jalani terlewat ekstrim.

Hati-Hati Penyakit Ini Timbul Akibat Diet Ketat
Hati-Hati Penyakit Ini Timbul Akibat Diet Ketat


1. Kurang Nutrisi atau Malnutrisi
Saat menjalani diet ekstrim, mau tak mau kita memotong asupan nutrisi bagi tubuh yang menyebabkan tubuh kita kekurangan gizi dan nutrisi yang dapat berujung pada gangguan kesehatan seperti anemia. Tubuh memerlukan asam amino yang berasal dari protein, baik nabati maupun hewani untuk mendapatkan kekuatan atau meregenerasi sel. Atau pun zat besi yang sangat di perlukan untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, dan lemak untuk bahan bkar.
Namun, yang lebih menyeramkan adalah ketika sistem kekebalan tubuh kita melemah, resiko terkena penyakit serius seperti kanker tentu akan meningkat.

2. Berat Badan hanya Turun Sementara
Diet yang sangat ketat hanya akan bertahan dalam waktu singkat loh. Setelah beberapa periode kita melakukan diet dengan ketat, tubuh akan membakar kalori lebih sedikit dan membuat bobot tubuh kita kembali naik.

3. Sistem Imun Menurun
Diet yang sangat ekstrim, sangat sangat tidak di anjurkan karena bisa berakibat pada menurunnya tingkat imunitas tubuh. Jika imunitas tubuh menurun, maka tubuh akan mudah terserang segala penyakit.

4. Gangguan Otot
Bahaya lain dari penurunan berat badan yang terlalu sangat cepat adalah rusaknya jaringan otot. Yang kita harus ketahui adalah, ketika diet yang harus kita kurangi adalah timbunan lemak nya, bukan otot. Namun, diet yang ketat kerap menurunkan bobot tubuh dengan cepat karena membakar otot-otot tubuh yang juga menyebabkan tubuh kehilangan mineral penting seperti kalsium, kalium dan natrium.

5. Menyebabkan Kelelahan dan Melemahkan Tulang
Melakukan diet terlalu ketat akan menyebabkan sistem metabolisme tubuh terganggu. Hal tersebut di sebabkan karena kebutuhan kalori yang tidak terpenuhi membuat lemak di simpan sebagai cadangan energi dan otot pun akan mengalami pembakaran. Tentu hal tersebut sangat berbahaya karena apabila otot kehilangan jaringannya, tubuh akan mengalami kelelahan yang hebat dan tulang pun akan melemah.

6. Penuaan Dini
Kekurangan asupan gizi dan nutrisi pada tubuh tentu berpengaruh pada kulit. Anda cenderung menadi cepat tua dan akan melihat tanda-tanda keriput, kulit kendur dan garis halus.
Hal ini terjadi karena pola makan yang ekstrim sehingga tubuh tidak akan mendapatkan gizi yang di perlukan. Dengan anda mengurangi makan dengan tiba-tiba, tubuh kehilangan mineral penting, protein dan vitamin yang sangat di perlukan oleh kulit.

7. Gangguan Kesehatan Mental
Tidak bisa di pungkiri lagi bahwa diet yang sangat ketat tanpa terkontrol dapat menyebabkan gangguan depresi yang muncul bersamaan dengan rasa frustasi dan putus asa karena hasil diet yang tidak memuaskan. Selain frustasi dan putus asa, kelesuan, kelelahan, moody, mudah tersinggung dan kurangnya percaya diri pun akan hinggap di diri kita.
Hal ini disebabkan melemahnya fungsi hormon yang seharusnya bekerja dengan di dukung oleh vitamin dan mineral esensial yang bisa di dapat dari makanan.

Diet menurunkan berat badan yang baik dan sehat itu tidak instan. Ada petunjuk khusus untuk diet yang sehat agar tubuh tetap terpenuhi kebutuhan gizinya serta tetap terkendali. Olahraga adalah salah satu bagian yang baik dalam rangka menurunkan berat badan yang ideal. Demikianlah tulisan mengenai Hati-Hati Penyakit Ini Timbul Akibat Diet Ketat semoga bermanfaat, jangan lupa untuk like dan follow blog masteguh.

Share it :

About Me : Teguh Firmansyah

Only Blogger Rumahan Yang Sedang Meniti Jalan Kesuksesan.

Related Posts

1 comments: Add Comments

kayak ini yg telah terjadi pada ane.

HIMBAUAN BERKOMENTAR
1. Harap Tidak Komen Dengan Menggunakan Link Aktif
2. Komentar Bukan Spam
3. Isi Komen Tidak Bersifat SARA
4. Komentar Harus Relevan