Jenis-Jenis Penelitian Ilmiah

Labels this post :
Jenis-Jenis Penelitian Ilmiah

Penelitian Ilmiah adalah sesuatu yang wajib di lakukan oleh seorang mahasiswa, mengapa? tentunya dikarenakan syarat utama untuk lulus adalah harus melakukan penelitian. Riset atau penelitian sering dideskripsikan sebagai suatu proses investigasi yang dilakukan dengan aktif, tekun, dan sistematis, yang bertujuan untuk menemukan, menginterpretasikan, dan merevisi fakta-fakta. Penyelidikan intelektual ini menghasilkan suatu pengetahuan yang lebih mendalam mengenai suatu peristiwa, tingkah laku, teori, dan hukum, serta membuka peluang bagi penerapan praktis dari pengetahuan tersebut. Istilah ini juga digunakan untuk menjelaskan suatu koleksi informasi menyeluruh mengenai suatu subyek tertentu, dan biasanya dihubungkan dengan hasil dari suatu ilmu atau metode ilmiah. Kata ini diserap dari kata bahasa Inggris research yang diturunkan dari bahasa Perancis yang memiliki arti harfiah "menyelidiki secara tuntas". (wikipedia)

Ada beberapa jenis penelitian yang secara umum kita telah ketahui bersama, yaitu SKRIPSI, TESIS dan DISERTASI. ketiga jenis penelitian ini merupakan karya ilmiah dalam suatu bidang studi yang ditulis oleh mahasiswa program sarjana (S1), program magister (S2), dan program Doktor (S3) pada akhir studinya.


SKRIPSI, TESIS, dan DISERTASI mempunyai dua jenis peneitian, yaitu:
1. Penelitian Kuantitatif

Adalah suatu penelitian yang pada dasarnya menggunakan pendekatan deduktif-induktif. dengan berdasarkan dari suatu kerangka teori, gagasan para ahli, ataupun pemahaman peneliti berdasarkan pengalamannya, kemudian dikembangkan menjadi permasalahan-permasalahan beserta pemecahan-pemecahannya yang di ajukan untuk memeperoleh pembenaran dalam bentuk dukungan data empiris.
Teknik pengolahan datanya menggunakan : Kuosioner.

2. Penelitian Kualitatif

Penelitian yang dimaksudkan untuk mengungkapkan gejala secara holistik-kontekstual melalui pengumpulan data dari latar alami dengan memanfaatkan diri peneliti sebagai instrumen kunci,
Bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan alalisis dengan pendekatan induktif.
Teknik pengolahan datanya menggunakan : Wawancara.

Sekripsi.tesis, dan disertasi yang ditulis berdasarkan hasil kerja pengembangan menuntut format dan sistematika yang berbeda dengan skripsi, tesis, dan disertasi yang ditulis berdasarkan hasil penelitian, karena karakteristik kegiatan pengembangan dan kegiatan penelitian tersebut berbeda.

Demikianlah tulisan mengenai Jenis-Jenis Penelitian Ilmiah, semoga bermanfaat. terus semangat dan jangan lupa di share.

Share it :

About Me : Teguh Firmansyah

Only Blogger Rumahan Yang Sedang Meniti Jalan Kesuksesan.

Related Posts

HIMBAUAN BERKOMENTAR
1. Harap Tidak Komen Dengan Menggunakan Link Aktif
2. Komentar Bukan Spam
3. Isi Komen Tidak Bersifat SARA
4. Komentar Harus Relevan