Cara Mengambil Screenshot Pada Semua Versi Windows

Labels this post :
Cara Mengambil Screenshot Pada Semua Versi Windows

Mengambil screenshot dari sebuah layar komputer bukanlah sesuatu hal yang baru, fitur ini telah tersedia di berbagai platform dan perangkat lunak lebih dari satu dekade.screenshot merupakan fitur yang telah ada dari bawaan pabrik, oleh karena itu fitur screenshot bisa di lakukan dengan free juga tanpa software tambahan. walapun screenshot bukanlah hal yang baru namun kita masih mendengar seseorang merasa bingung mengenai bagaimana sih caranya mengambil screenshot dari mulai Windows XP sampai windows 10 yang paling terbaru ini.? Artikel ini memuat tentang cara mengambil screenshot pada semua versi windows.
Langsung saja berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Mengambil Screenshot pada windows XP.
Hanya ada dua cara untuk mengambil screenshot pada windows xp. Yaitu dengan menekan tombol Print Screen maka gambar dari seluruh layar anda akan di tersalin. Kemudian anda hanya perlu mempastekan pada aplikasi seperti paint atau yang sejenisnya dengan menekan tombol CTRL+V.

Cara yang kedua yaitu jika anda ingin mengambil hanya bagian tertentu saja dari layar, cukup dengan menekan tombol ALT dan tombol print screen secara bersamaan.  Lalu pastekan gambar layar pada aplikasi paint atau yang lainnya. kemudian simpan gambar tersebut. Kebanyakan pada keyboard tombol print screen dapat di temukan di pojok kanan atas dengan nama PrtScn atau PrtSc.

2. Mengambil Screenshot pada windows vista dan windows 7
Selain dua metode print screen yang di jelaskan di atas, pada windows vista dan windows 7 pengguna bisa memanfaatkan tool yang telah di sediakan sebelumnya. Fitur ini tersedia pada semua versi windows kecuali pada versi windows xp ke bawah.

untuk membuka tool ini silahkan anda klik start, pilih all program, lalu cari aksesoris dan pilih snipping tool pada daftar menu di bawah. Tool ini memungkinkan anda untuk mengambil screenshot secara spesifik pada layar. Buka menu new kemudian ambillah potongan layar kemudian simpan.



3. Pada windows 8 dan windows 10
Pengguna sistem operasi windows 8 dan windows 10 memiliki kemampuan tambahan yaitu jika anda menyimpan gambar dari hasil ptintscreen, maka gambar tersebut otomatis tersimpan pada folder khusus. Caranya dengan Menekan tombol screenshot dan tombol windows secara bersamaan maka gambar dari semua permukaan layar akan tertangkap . Gambar ini akan otomatis di simpan pada folder Screenshot yang ada pada Picture Library.

Metode untuk mengambil screenshot dari windows xp hingga tool snipping pada windows 7 juga bisa di gunakan pada windows 8 dan windows 10.Anda bisa mencari snipping tool pada layar start pada windows 8 atau pada kolom pencarian di sebelah start pada windows 10.

4. Pada tablet dengan OS windows
Pemilik tablet dengan os windows dapat mengambil screenshot dengan menekan kedua ini yaitu tombol windows dan volume bagian bawah secara bersamaan. Anda akan menemukan gambarnya pada folder screenshot yang ada di picture library.

Pada windows phone 8.1, caranya bisa dengan menekan tombol power dan tombol volume bagian atas secara bersamaan, sementara pada windows phone 8 perangkat dapat mengambil screenshot dengan cara menekan tombol start dan tombol daya secara bersama-sama. Gambar secara otomatis akan ada pada folder Photos Hub Section.

Demikianlah semoga bermanfaat
silahkan jangan lupa join this site

Share it :

About Me : Teguh Firmansyah

Only Blogger Rumahan Yang Sedang Meniti Jalan Kesuksesan.

Related Posts

18 comments Add Comments

ko pc ane ga bisa gan.. kira2 knpa?

Jadi gak harus pakai apliksi downloadtan dari luar yah gan, ane baru tahu itu fungsinya tombol :D

nice info gan, cara paling mudah dan simple nih (y)

Sangat bermanfaat infonya, kebanyakan orang belum tau cara ini dan malah ngambil fotonya lewat ponsel :D

makasih infonya gan, ternyata windows 8 dan 10 ada kemampuan tambahannya ya

Saya baru ngerti cara menggunakan screenshot seperrti itu gan, nice info, salam...

masa sih gan, semua pc support ko buat print screen..

iya gan makasih kunjungannya..

hahaha iya gan silahkan di share gan..

makasih gan kunjungannya... jangan lupa balik lagi..

iya itu gan, lebih mantap gan..

terimakasih kunjungannya sis..

hahaha ini buat yang awam aja gan..

Nice Info gan :3 kalo bisa share juga cara Screenshot game :3 karena banyak game yang gk bisa Screenshot pake tombol keyboard :3

ohhaha sip gan menyusul..

HIMBAUAN BERKOMENTAR
1. Harap Tidak Komen Dengan Menggunakan Link Aktif
2. Komentar Bukan Spam
3. Isi Komen Tidak Bersifat SARA
4. Komentar Harus Relevan