4 Dampak Negatif Dari Social Media

Labels this post :
4 Dampak Negatif Dari Social Media

Social media telah mengubah cara orang berinteraksi. Dalam banyak hal, social media telah menyebabkan perubahan positif dalam cara orang berkomunikasi dan berbagi informasi. Namun di samping itu semua ternyata social media mempunyai dampak negatif juga. Jejaring social dapat menghasilkan dampak negatif bagi penggunanya dalam jangka waktu yang panjang.

1. Masalah Privacy
Situs jejaring social mendorong orang untuk lebih terbuka terhadap masyarakat tentang kehidupan pribadi mereka. Dikarenakan detail setiap kehidupan kita dapat di posting dengan mudah, para pengguna social media cenderung tidak memfilter terlebih dahulu mana yang harus di bagi kepada public  dan mana yang tidak. Terlebih lagi tempat yang mereka posting tersedia tanpa batas waktu. Hal ini lah bisa mengudang kejahatan seperti penculikan, penipuan dan semisalnya di karenakan keterbukaan privasi.

2. Membuat Orang Menjadi Terisolasi
Waktu yang di habiskan oleh sebagian orang di jejaring social terus meningkat, hal ini mereka menjadi kurang untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Para ilmuan telah melakukan penilitian tentang isolasi social ini , mereka menyebutkan bahwa isolasi social dapat menyebabkan sejumlah masalah metal, psikologis,emosional, depresi, kecemasan, keluhan somatik, dan yang lainnya. Bahkan university of illinois di chicago school of medicine melakukan percobaan pada hewan, menunjukan bahwa hormon otak terganggu akibat isolasi social. yang dapat menyebabkan masalah mental terganggu.


3. Produktivitas menurun  
Banyaknya perusahaan yang menggunakan situs jejaring social untuk menemukan dan berkomunikasi dengan klien, menurunkan produktivitas karyawan itu sendiri. Mereka jadi cenderung malas untuk bekerja keras. Nucleus Research melaporkan bahwa facebook mengurangi 1,5 % produktivitas kantornya. sementara morse mengklaim bahwa perusahaan-perusahaan inggris kehilangan 2,2 miliar setahun dari fenomena ini.

4. Selain ketiga point atas ternyata masih banyak dampak negatif dari aktifitas social media yang berlebihan seperti:
- Berkurangnya penggunaan tata bahasa, dan ejaan yang komunikatif.
- Memungkinkan penyebaran informasi yang salah tetapi di anggap benar, sebaliknya informasi yang benar bisa di buat menjadi salah.
- Mengekspos anak-anak untuk menjadi predator online.
- Menciptakan pikiran yang negatif seperti dari gambar-gambar yang tidak senonoh.
- Penurunan produktivitas sebagai pekerja di karenakan penggunaan social media.
- Memungkinkan adanya pencurian identitas.
- Menciptakan platform  yang menyebabkan kejahatan merajalela.

Demikianlah semoga bermanfaat
Silahkan jangan lupa untuk di share dan komen

Share it :

About Me : Teguh Firmansyah

Only Blogger Rumahan Yang Sedang Meniti Jalan Kesuksesan.

Related Posts

HIMBAUAN BERKOMENTAR
1. Harap Tidak Komen Dengan Menggunakan Link Aktif
2. Komentar Bukan Spam
3. Isi Komen Tidak Bersifat SARA
4. Komentar Harus Relevan