Tips Menyetir Aman Saat Mudik

Labels this post :
Tips Menyetir Aman Saat Mudik

Masyarakat indonesia mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya mudik, memang kebiasaan mudik seperti ini hanya ada di indonesia dan negara-negara sekitarnya sedangkan di eropa tidak ada yang namanya mudik.Mudik bisa di artikan sebagai pulang kampung yang biasanya di lakukan pada hari-hari besar seperti lebaran dan hari besar lainnya. Masyarakat indonesia pun biasanya melakukan mudik dengan berbagai cara, ada yang menggunakan kendaraan pribadi seperti Motor dan juga ada yang menggunakan kendaraan umum seperti Bus, kereta, pesawat dll. Dengan jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi semakin meningkat tiap tahunnya, angka kecelakaan pun semakin bertambah. Oleh karena itu demi keselamatan bersama disini saya tulisakan beberapa tips memudik yang bisa anda lakukan saat menyetir:

1. Tidur Yang Cukup
Sebelum memulai perjalan panjang, pastikan anda mendapatkan tidur yang cukup dan makan terlebih dahulu sebelum mengemudi. Jangan andalkan minuman-minuman berkafein untuk menghilangkan kantuk di saat mengemudi di karenakan efek dari kafein tersebut tidak berlangsung lama serta konsentrasi anda akan berkurang setelah meminum kafein.

2. Menepi dan mengambil istirahat setiap beberapa jam, walaupun anda tidak merasa kantuk. Makanlah sedikit cemilan dan berjalan di sekitarnya untuk mendapatkan udara segar, atau bila perlu tidur siang.

3. Lakukanlah pergantian supir, ini akan memungkinkan anda untuk mengawasi satu sama lain di saat berkendara. Namun jika anda menyetir sendiri setellah radio dan buka sedikit jendela agar udara segar masuk.

4. Jika anda ingin menepi hindari menepi di bahu jalan apapun alasannya.

5.  Hindari penggunaan ponsel saat menyetir, fokuslah ke jalan. Namun jika itu penting gunakanlah handfsree.

6. Hindari meminum minuman yang mengandung alkohol, di samping bisa mabuk anda juga akan merasa kantuk.

7. Cek info terkini mengenai rute yang akan anda lalui melalui radio, web, atau televisi. Untuk menghindari kemungkinan yang akan terjadi.

8. Bawalah GPS atau peta untuk berjaga-jaga jika rute yang akan dilewati terdapat masalah seperti macet, anda bisa merubah rute dengan melihat GPS tersebut.

9. Kunci semua barang yang berharga di bagasi, jangan sampai anda simpan di dalam mobil.

10. Patuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada untuk kepentingan keselamatan bersama.

Demikianlah Semoga Bermanfaat
Silahkan di Share dan Komen
Tips Menyetir Aman Saat Mudik

Share it :

About Me : Teguh Firmansyah

Only Blogger Rumahan Yang Sedang Meniti Jalan Kesuksesan.

Related Posts

HIMBAUAN BERKOMENTAR
1. Harap Tidak Komen Dengan Menggunakan Link Aktif
2. Komentar Bukan Spam
3. Isi Komen Tidak Bersifat SARA
4. Komentar Harus Relevan