Cara Mengupload Web Ke Hosting

Labels this post :
Cara Mengupload Web Ke Hosting

Hosting adalah sebuah tempat/server yang di sediakan oleh beberapa perusahaan untuk menempatkan website. Sebelumnya website yang di buat bersifat offline artinya hanya bisa di akses oleh seorang saja, nah untuk menjadikan website tersebut online maka anda harus menguploadnya ke hosting yang ada di internet. Ada beberapa tempat hosting yang bisa anda gunakan, ingin yang berbayar maupun yang gratis. Namun tentunya jika anda menggunakan yang gratis akses yang di sediakan akan terbatas. Contoh dari hosting yang bisa anda dapatkan secara gratis adalah di IDhostinger, 000webhost, dll. Kali ini saya akan memberikan cara mengupload web ke 000webhost. Namun Jika anda ingin mengupload ke hostingan yang lain langkah-langkah yang di gunakan kurang lebih sama. Langsung saja ini dia:

1. Siapkan file yang akan di upload.
Simpanlah file website yang akan di upload pada satu folder kemudian jangan lupa export databasenya juga.

2. Daftar ke 000webhost
Caranya tinggal anda mengisi folmulir yang ada pada halaman register. untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar berikut ini:

untuk domain yang gratis isikan pada kolom yang ke dua, lalu isikan nama dan email serta password anda. Setelah itu klik create my acount. Kemudian cek email anda untuk malakukan confirmasi ke anggotaan.

3. Masuk ke C-Panel.
Masuklah ke halaman Cpanel dengan memasukan email dan password. Kemudian jika berhasil akan tampil seperti ini.

4. Membuat Database
Masuk Go to Cpanel dan masuk ke menu software dan services, pilih mysql.

Buatlah nama database, user database dan password database. lalu klik create database. untuk lebih jelas silahkan perhatikan gambar di bawah ini:

Setelah itu kembali lagi. kemudian masuk ke halaman phpmyadmin. untuk mengimport sql yang telah kita siapkan sebelumnya.

Baca Juga : Cara Mendaftar Hostingan Gratis Di IDHostinger


Pilih database yang sebelumnya kita buat tadi, lalu klik Enter PhpMyAdmin.

Maka akan muncul halaman phpmyadmin.Untuk mengimport sql pilih menu import, lalu pilih file, kemudian klik Go.


5. Upload Folder Website
Masuk ke cpanel kemudian pilih File Manager, klik maka akan muncul halaman login ftp. isikan password yang anda gunakan untuk login ke cpanel. lalu klik continue.


Setelah itu masuklah ke folder public_html. lalu klik upload. maka akan muncul seperti gambar di bawah ini:


Pilih file anda bisa mengupload dengan .zip atau file biasa. Setelah semuanya siap di upload klik centang yang berwarna hijau di atas. Catatan: ubahlah configurasi database, serta passwordnya yang di sesuaikan dengan database yang telah di buat sebelumnya pada file php website anda sebelum mengupload. Anda juga bisa menggunakan aplikasi FTP seperti filezilla untuk melakukan proses penguploadan ini. Setelah semuanaya selesai silahkan buka website anda.
Demikianlah Semoga bermanfaat.

Jangan lupa Join This Site Untuk Melihat Updatetan Blog Ini
Terimakasih

Share it :

About Me : Teguh Firmansyah

Only Blogger Rumahan Yang Sedang Meniti Jalan Kesuksesan.

Related Posts

HIMBAUAN BERKOMENTAR
1. Harap Tidak Komen Dengan Menggunakan Link Aktif
2. Komentar Bukan Spam
3. Isi Komen Tidak Bersifat SARA
4. Komentar Harus Relevan