Tanya Jawab Seputar Masalah Puasa Bagian 3

Labels this post :

Alhamdulillahirobbil 'alamin sebentar lagi kita akan menemui bulan suci yang penuh dengan berkah yaitu bulan ramadhan. bulan yang di tiap harinya adalah ampunan. Mungkin masih banyak pertanyaan-pertanyaan yang muncul di benak kita mengenai puasa pada bulan ramadhan ini.
Saya tuliskan sedikit pertanyaan dan jawabannya mengenai puasa ini, yang saya tulis dari buku dengan judul "Tanya Jawab Seputar Masalah Puasa"cetakan darul ilmi..

Pertanyaan.
Apa hukum mandi lebih dari satu kali pada bulan ramadhan?

Jawab.
Mandi pada bulan ramadhan diperbolehkan dan tidak mengapa. Dahulu Rasulullah shalallahu'alaihi wasallam ketika sedang berpuasa, kadangkala ia menuang-kan air ke kepalanya, karena panas yang menyengat atau rasa dahaga. Begitu juga ibnu Umar radhiallau'anhuma, ketika beliau berpuasa, ia membasahi pakainnya untuk meringankan rasa panas atau dahaga. Akan tetapi hendaknya hal ini dilakukan dengan hati-hati, agar jangan ada air yang masuk ke dalam kerongkongan.

Pertanyaan.
Apakah boleh bagi orang yang sedang berpuasa menggunakan siwak (sikat gigi) dan pasta gigi.?

Jawab.
Orang yang sedang berpuasa diperbolehkan baginya menggunakan siwak (sikat gigi) pada siang hari bulan Ramadhan, berdasarkan keumuman sabda Rasulullah shalallahu'alaihi wasallam. yang artinya:
"Siwak itu pembersih bagi mulut dan sebab mendapat keridhaan Rabb" [HR. Ahmad dishahihkan oleh Al-Albani dalam Irwa, no 66]

Pertanyaan
Apabila seseorang bermimpi basah, Apakah dapat mempengaruhi puasanya?

Jawab.
Mimpi basah tidak dapat merusak dan mempengaruhi puasa seseorang karena ia terjadi bukan atas kehendak manusia, Walau demikian ia wajib mandi junub apabila keluar air mani.


Tunggu Tulisan Berikutnya.
Semoga bermanfaat.
jangan Lupa Join This Site.

Share it :

About Me : Teguh Firmansyah

Only Blogger Rumahan Yang Sedang Meniti Jalan Kesuksesan.

Related Posts

HIMBAUAN BERKOMENTAR
1. Harap Tidak Komen Dengan Menggunakan Link Aktif
2. Komentar Bukan Spam
3. Isi Komen Tidak Bersifat SARA
4. Komentar Harus Relevan