Seluk Beluk Planet Merkurius

Labels this post :
Seluk Beluk Planet Merkurius

Merkurius merupakan planet terdekat dengan matahari. Suhunya sangat panas pada siang hari. Namun, Merkurius tidak memiliki atmosfer untuk menahan panas sehingga suhunya sangat dingin pada malam hari.
Merkurius merupakan planet berbatu. Diameternya sepertiga bumi. Permukaan Merkurius dipenuhi kawah, membuatnya mirip bulan. kawah-kawah ini terbentuk ketika merkurius dibombardir meteorit pada masa lalu.

Permukaan
Kawah-kawah yang menutupi hampir seluruh permukaan merkurius umumnya lebih dangkal daripada kawah bulan. Kawah-kawah ini memiliki ukuran bervariasi, dari beberapa meter hingga ratusan kilometer. Di antara kawah-kawah, terdapat dataran tertutup lava halus yang dilewati jurang dan punggung bukit.
Cekungan Caloris
Kenampakan terbesar yang dikenali di Merkurius adalah cekungan caloris, berdiameter 1300 km. Cekungan ini terbentuk ketika batuan ruang angkasa berdiameter 100 km menabrak planet. Wahana ruang angkasa mariner 10 menunjukan gambar sebagian cekungan, dikelilingi pegunungan yang terbentuk akibat tumbukan.
Transit Merkurius
Pada tanggal 7 mei 2003, merkurius terlihat melintasi permukaan matahari. Kejadian ini disebut transit, terjadi satu atau dua kali dalam satu dekade. Gambar dibawah ini dibuat dari foto yang diambil oleh wahana ruang angkasa soho pada interval regular dalam transit selama 5 jam.

Demikianlah Semoga Bermanfaat
Silahkan Komen dan Jangan Lupa Like Yaa..

Share it :

About Me : Teguh Firmansyah

Only Blogger Rumahan Yang Sedang Meniti Jalan Kesuksesan.

Related Posts

HIMBAUAN BERKOMENTAR
1. Harap Tidak Komen Dengan Menggunakan Link Aktif
2. Komentar Bukan Spam
3. Isi Komen Tidak Bersifat SARA
4. Komentar Harus Relevan