Pengertian, Jenis-Jenis Dan Contoh Jaringan Komputer

Labels this post :
Pengertian Dan Contoh Jaringan Komputer

Jaringan komputer menghubungkan sejumlah komputer sehingga dapat melakukan lebih banyak tugas dibandingkan hanya satu komputer.
Jaringan komputer di kantor memungkinkan orang bekerja dalam tim. Di rumah, jaringan komputer memungkinkan dua atau lebih komputer saling berbagai pencetak. Local Area Network (LAN) seperti ini dapat dihubungkan menjadi Wide Area Network (WAN) yang mencakup sebuah negara atau bahkan dunia.

Local Area Network (LAN)


LAN umumnya terhubung dengan kabel mirip struktur jaringan telepon. Sistem jaringan yang populer seperti ini, yaitu eternet, memungkinkan komunikasi mencapai 12 mb perdetik. Jaringan eternet dapat berupa line network (yang disebut juga jaringan bus) atau start network, Sebuah komputer yang disebut server mengontrol komunikasi dalam jaringan.


Dalam start network, komputer terhubung ke server dengan kabel sendiri. Jaringan ini lebih dapat diandalkan dibanding line network karena kabel yang putus hanya mempengaruhi satu atau dua komputer.
Dalam ring network komputer terhubung satu sama lain di dalam lingkaran. Data berpindah di dalam jaringan kembali ke perangkat yang mengirimkannya. Data yang kembali ke pengirimannya menunjukkan data telah terkirim

Diagram diatas menunjukkan bagaimana jaringan US National Science Foundation saling terhubung. Garis putih membentuk tulang punggung jaringan yang mencakup seluruh AS dengan menghubungkan jaringan regional yang lebih kecil. Dengan menggunakan jaringan ini, peneliti di mana pun berada dapat memakai superkomputer milik USNSF yang jaraknya sangat jauh.

Demikianlah Semoga Bermanfaat
Silahkan Komen Dan Share

Share it :

About Me : Teguh Firmansyah

Only Blogger Rumahan Yang Sedang Meniti Jalan Kesuksesan.

Related Posts

1 comments: Add Comments

HIMBAUAN BERKOMENTAR
1. Harap Tidak Komen Dengan Menggunakan Link Aktif
2. Komentar Bukan Spam
3. Isi Komen Tidak Bersifat SARA
4. Komentar Harus Relevan