Pengertian Gaya Gravitasi Bumi Dan Contohnya

Labels this post :
Pengertian Gaya Gravitasi Bumi Dan Contohnya

Gravitasi adalah gaya yang membuat benda jatuh ke permukaan bumi dan menjaga planet tetap berada di orbit (Jalur) mengelilingi Matahari. Gaya gravitasi bekerja pada jarak sangat besar antarbenda di alam semesta dan menjaganya tetap bersama. Gaya gravitasi bertambah sebanding lurus dengan massa benda dan berbanding terbalik dengan jarak. Gravitasi antarbenda di bumi biasanya terlalu kecil untuk dirasakan.
Massa benda adalah jumlah materi yang terkandung di dalam benda. Semakin besar massa benda, maka materi yang terkandung semakin besar dan semakin besar gaya tariknya terhadap benda lain. Massa benda tidak berubah, kecuali jumlah materi yang terkandung berubah. Massa di ukur dengan satuan kg.

Baca Juga : Teknologi Kecerdasan Buatan

MASSA VS BERAT.
Berat astronaut adalah efek dari gravitasi terhadap massa tubuhnya. Bulan memiliki massa sekitar seperenam massa Bumi sehingga gravitasinya juga sekitar sperenam gravitasi bumi. Di bulan, massa astronaut sama dengan massanya di bumi. Namun, beratnya hanya seperenam berat di Bumi.




Pusat Gravitasi
Di Bumi, benda memiliki titik yang terletak dekat pusat benda, disebut pusat gravitasi. Letak pusat gravitasi yang semakin rendah membuat benda semakin stabil. Mobil di desain dengan mesin berat berada dekat permukaan tanah untuk menjaga pusat gravitasi berada di bawah. Hal ini membuat mobil bisa berbelok dengan cepat tanpa terjungkir.

GAYA JATUH
Mana yang akan jatuh lebih cepat, bola atau bulu.? 
Di atmosfer bumi, bola akan mencapai permukaan lebih dahulu karena hambatan udara memperlambat gerak dulu. Dalam ruang hampa udara, tidak ada udara sehingga tidak ada hambatan udara. Bulu dan Bola akan jatuh bersamaan karena gravitasi menarik kedua benda dengan gaya yang sama besar.


Demikianlah Semoga Bermanfaat,
Silahkan Komen Dan Join Ya.

Share it :

About Me : Teguh Firmansyah

Only Blogger Rumahan Yang Sedang Meniti Jalan Kesuksesan.

Related Posts

HIMBAUAN BERKOMENTAR
1. Harap Tidak Komen Dengan Menggunakan Link Aktif
2. Komentar Bukan Spam
3. Isi Komen Tidak Bersifat SARA
4. Komentar Harus Relevan