Pengertian Dan Contoh Kelembapan Udara

Labels this post :
Pengertian Dan Contoh Kelembapan Udara

Kelembapan udara adalah jumlah uap air di udara. Semakin hangat udara, semakin banyak uap air yang dapat dikandungnya. Udara jenuh adalah udara yang mengandung jumlah maksimal uap air untuk suhu tertentu. Kelembapan relatif adalah jumlah uap air sesungguhnya di udara, dibandingkan dengan jumlah uap air kala jenuh. Udara jenuh memiliki kelembapan relatif 100 persen.

Halimun 
Halimun adalah lapisan awan yang terletak dekat dengan tanah. Halimun terbentuk tatkala udara hangat dan lembap bertemu tanah yang dingin, biasanya terjadi ketika udara lembap menyentuh tanah yang telah mendingin dengan cepat pada waktu malam. Kabut terbentuk dengan cara yang sama, namun lebih telah dari pada halimun.
Gambar Halimun
Embun Beku
Jika suhu udara jatuh di bawah titik beku 0 drajat embun beku dapat terbentuk. permukaan tanah tertutupi kristal es, yang terlihat seperti lapisan salju tipis. Embun terbentuk ketika sejumlah uap air di udara yang lembap bersentuhan dengan permukaan dingin tanah. Uap air berubah menjadi tetesan kecil air cair, bukan embun beku.
Gambar Embun Beku

Demikianlah Semoga Bermanfaat
Silahkan Share dan Komen

Share it :

About Me : Teguh Firmansyah

Only Blogger Rumahan Yang Sedang Meniti Jalan Kesuksesan.

Related Posts

HIMBAUAN BERKOMENTAR
1. Harap Tidak Komen Dengan Menggunakan Link Aktif
2. Komentar Bukan Spam
3. Isi Komen Tidak Bersifat SARA
4. Komentar Harus Relevan