Membongkar Rahasia Gelombang Bunyi

Labels this post :
Membongkar Rahasia Gelombang Bunyi

Seperti apakah dunia tanpa bunyi? Kesunyian total mungkin menenangkan, namun kita tidak akan mendengar dialog, dan kicauan burung. Bunyi adalah salah satu bentuk energi yang terbentuk ketika sebuah benda bergetar, Energi ini merambat dengan kecepatan tinggi melalui udara, air, dan media lainnya dalam bentuk gelombang bunyi. Ketika sampai di telinga, bunyi menggetarkan gendang telinga. Otak kita mengenali getaran ini sebagai suara yang dihasilkan berbagai benda.

Gelombang bunyi
Gelombang bunyi merambat melalui udara, ketika alarm jam berbunyi, udara di sekelilingnya ikut bergetar. Getaran suatu buah molekul ikut menggetarkan molekul lain di sebelahnya sehingga energi bunyi merambat melalui udara. Gelombang suara merambat dalam bentuk rapatan dan renggangan.

Baca : Gravitasi Bumi VS Gravitasi di Bulan

Perbincangan diluar angkasa
Tidak mungkin terjadi perbincangan antar astronot di luar angkasa sekeras apapun mereka berbicara. Hal ini terjadi karena di luar angkasa tidak ada udara sehingga bunyi tidak dapat merambat, Inilah kondisi sunyi total. Para astronot berkomunikasi melalui radio yang terpasang di helm mereka.




Telinga Sensitif
Terwelu ini memiliki telinga yang sangat lebar yang membantu mereka mendengar bunyi dengan lebih tajam. Telinga dapat diarahkan menuju ke sumber suara. Di dalam kepala terdapat bagian yang mengubah gelombang bunyi menjadi bentuk yang dapat dipahami oleh otak. Tanpa telinga, kita tidak dapa mendengar bunyi apapun.





Demikianlah Semoga Bermanfaat
Silahkan Komen dan Join This Site

Share it :

About Me : Teguh Firmansyah

Only Blogger Rumahan Yang Sedang Meniti Jalan Kesuksesan.

Related Posts

HIMBAUAN BERKOMENTAR
1. Harap Tidak Komen Dengan Menggunakan Link Aktif
2. Komentar Bukan Spam
3. Isi Komen Tidak Bersifat SARA
4. Komentar Harus Relevan