Jenis-Jenis Awan Di Langit Dunia

Labels this post :
Jenis-Jenis Awan Di Langit Dunia

Udara mengandung uap air dari samudra, danau, dan tanah. Awan terbentuk ketika udara mendingin di bawah suhu tertentu, sehingga sebagian uap air berubah menjadi cair atau es. Awan tersusun atas jutaan tetes air atau kristal es kecil, yang sedemikian mungil sampai-sampai mengambang di udara. Jumlah uap air yang dikandung udara disebut kelembapan. Udara hangat dan lembap sering kali menyebabkan badai petir.

Tipe awan:
Awan dinamai sesuai bentuk dan ketinggiannya. Awan kumuliformis menggumpal, sementara statiformis berlapis-lapis. 'Alto' berarti berketinggian menengah, sementara 'sirro' berari tinggi. Dengan demikian, awan kumulus adalah awan menggumpal di ketinggian rendah; awan stratus rendah dan berlapis-lapis; sementara altokumulus adalah awan menggumpal berketinggian sedang. Awan sirus seperti kapas dan terletak tinggi.
Baca Juga: Jenis-Jenis Robot

Awan Kumulus

Awan Altokumulus Dan Stratus

Awan Altomukulus

Awan Sirus

Awan kumulusnimbus 
Awan kumulusnimbus yang menjulang terbentuk ketika awan kumulus terus tertiup ke atas. Tinggi awan kumulusnimbus bisa mencapai lebih dari 9.000 m. Awan tersebut menghasilkan guyuran hujan air atau ws yang lebat dan angin ribut.

Awan Kumulusnimbus

Demikianlah Semoga Bermanfaat
Silahkan Share dan Komen

Share it :

About Me : Teguh Firmansyah

Only Blogger Rumahan Yang Sedang Meniti Jalan Kesuksesan.

Related Posts

HIMBAUAN BERKOMENTAR
1. Harap Tidak Komen Dengan Menggunakan Link Aktif
2. Komentar Bukan Spam
3. Isi Komen Tidak Bersifat SARA
4. Komentar Harus Relevan