Info Sains Rahasia Matahari

Labels this post :

Matahari merupakan bintang yang mendominasi salah satu satu sudut ruang angkasa. Matahari menjelajahi alam semesta bersama planet, Bulan dan benda langit lainnya. Matahari berukuran sangat besar- 100 kali lebih lebar dari bumi. Massa Matahari merupakan yang terbesar dalam tata surya, 750 kali lebih besar daripada seluruh benda langit disatukan. Kadangkala bulan melewati matahari pada siang hari dan menyebabkan gerhana matahari.

Putaran Di atmosfer matahari
Lapisan gas di sekeliling matahari membentuk atmosfer. Lapisan terluar atmosfer di sebut korona (mahkota). Di dalam sinar ultraviolet, korona tampak seperti putaran gas panas. Putaran ini bisa mencapai ketinggian 500.000 km. Lapisan dalam atmosfer matahari berwarna kemerahan dan dikebut dengan kromosfer (bola warna).
Permukaaan penuh badai.
Permukaan matahari penuh massa gas, seperti sebuah laut berbadai. Salah satu penyebabnya adalah medan megnet yang kuat, ribuan kali lebih kuat daripada medan magnet bumi. Jika dilihat dari dekat permukaan matahari di penuhi bintik-bintik, di sebut granulasi, dengan bintik matahari gelap dan daerah berwarna terang yang disebabkan ledakan yang disebut dengan lidah api matahari.
Matahari terus-menerus memancarkan aliran partikel berenergi listrik yang dikenal sebagai angin matahari. Angin matahari merupakan penyebab utama kondisi cuaca ruang angkasa di sekitar bumi berubah-ubah.

Data matahari:
Diameter equator 1.400.000 km
Jarak dari bumi 149,6 juta km
massa (bumi=1) 330.000
Periode rotasi 25,4 hari
Temperatur permukaan 5.500 C
Temperatur inti 15.000.000 C
Umur 4.6 miliar tahun
Demikianlah semoga bermanfaat.
silahkan share dan komen

Share it :

About Me : Teguh Firmansyah

Only Blogger Rumahan Yang Sedang Meniti Jalan Kesuksesan.

Related Posts

2 comments Add Comments

Matahari merupakan bintang yang mendominasi salah satu satu sudut ruang angkasa. Matahari menjelajahi alam semesta bersama planet, Bulan dan benda langit lainnya. Matahari berukuran sangat besar- 100 kali lebih lebar dari bumi. Massa Matahari merupakan yang terbesar dalam tata surya, 750 kali lebih besar daripada seluruh benda langit disatukan.

Kata2 itu, sumbernya dari mana ya min? Thanks

dari buku ensiklopedia google mas..

HIMBAUAN BERKOMENTAR
1. Harap Tidak Komen Dengan Menggunakan Link Aktif
2. Komentar Bukan Spam
3. Isi Komen Tidak Bersifat SARA
4. Komentar Harus Relevan