Fakta Unik Mengenai Planet Biru (Bumi)

Labels this post :
Fakta Unik Mengenai Planet Biru (Bumi)

Planet bumi yang kita tinggali sangat unik karena memiliki kondisi pendukung kehidupan. Bumi tidak terlalu panas atau dingin dan memiliki oksigen di dalam atmosfernya. Bumi sebagai planet ketiga dari matahari sebagian besar tersusun atas batuan. Di bagian tengahnya terdapat inti besar dari besi yang sebagian berbentuk cair. Pergerakan dalam intinya memberikan medan magnet kuat pada bumi, yang meluas ke ruang angkasa dan membentuk gelembung magnetik besar, disenut magnetosfer.

Planet biru
Dari ruang angkasa, bumi terlihat berwarna biru. yaitu warna lautan. Permukaan bumi merupakan lapisan tipis batuan padat, dikenal sebagai kerak. kerak yang berada di atas permukaan laut membentuk daratan. Lapisan gas disebut atmosfer yang menyelimuti planet kita. Atmosfer bumi sebagian besar tersusun dari nitrogen dan oksigen, gas yang penting untuk kehidupan. Awan uap air berputar di atmosfer.

Cahaya Utara
Tirai cahaya utara warna-warni membuat langit di alaska berkilau. Cahaya ini disebut aurora borealis atau cahaya utara. Cahaya yang hampir sama muncul jauh di belahan selatan bumi. Cahaya ini muncul jika partikel bermuatan listrik di dalam magnetosfer Bumi memancar dari matahari, Partikel mengalir ke kutub, bercampur dengan udara dan kemudian bercahaya.
 Data Planet Bumi
Diameter equator 12.756 km
Jarak dari matahari 149,6 juta km
periode orbital 365,25 jam
periode rotasi 23.93 jam
Suhu permukaan -70 C sampai 55 C.

Demikianlah semoga bermanfaat
Jangan Lupa Join This Site dan Komen Ya

Share it :

About Me : Teguh Firmansyah

Only Blogger Rumahan Yang Sedang Meniti Jalan Kesuksesan.

Related Posts

HIMBAUAN BERKOMENTAR
1. Harap Tidak Komen Dengan Menggunakan Link Aktif
2. Komentar Bukan Spam
3. Isi Komen Tidak Bersifat SARA
4. Komentar Harus Relevan