Fakta Unik 3 Planet Kerdil DalamTata Surya

Labels this post :
Fakta Unik 3 Planet Kerdil DalamTata Surya

Planet kerdil bentuknya hampir pudar dan mengorbit matahari sebagai sabuk sebuah objek. Terdapat tiga planet kerdil yang telah diketahui di tata surya : Eris,Pluto,Ceres. Eris dan pluto terdapat di sabuk kuiper dan ceres berada di sabuk asteroid. Kategori "planet kerdil" diperkenalkan pada 2006 setelah Eris ditemukan. Dia lebih besar daripada Pluto yang sebelumnya digolongkan sebagai planet.


Clyde Tombaugh. AS 1906-1997 
Tombaugh melakukan survei fotografik sistematis langit malam dari observatorium lowell di arizona, AS. Gambar area langit malam yang sama yang diambil secara terpisah mengungkapkan adanya objek yang bergerak. Dia bahkan menemukan Pluto pada 18 februari 1930. setelah melakukan 70.000 jam penyelidikan.





Baca Juga: Rahasia Unik Matahari

PLUTO
Pluto dikategorikan sebagai planet dari sejak pertama kali ditemukan hingga tahun 2006. Pluto adalah dunia es dan batuan berdiameter 2.304 km dengan suhu permukaan sekitar -230 C.
Gambar Pluto
CERES 
Ceres tidak hanya dikategorikan sebagai planer kerdil, tetapi juga asteroid terbesar. Ia mengorbit matahari tiap 4,6 tahun di sabuk asteroid, pertama kali ditemukan pada 1801 dan merupakan asteroid yang pertama kali diketahui, Diameternya 960 km dan terbentuk terutama dari batuan, dengan jumlah es cair yang berarti.
Gambar Ceres
ERIS
Eris diperkirakan terbentuk dari batuan dan es, dengan permukaan es. Ukuran tepatnya belum pasti, namun eris mungkin beberapa ratus kilometer lebih besar dari pada pluto. Ketika ditemukan pada 2005, eris sekitar 10 miliar mil jauhnya dan merupakan objek terjauh yang pernah dilihat yang mengorbit matahari.
Gamber Eris

Demikianlah semoga bermanfaat
jangan lupa join dan like yaa.

Share it :

About Me : Teguh Firmansyah

Only Blogger Rumahan Yang Sedang Meniti Jalan Kesuksesan.

Related Posts

HIMBAUAN BERKOMENTAR
1. Harap Tidak Komen Dengan Menggunakan Link Aktif
2. Komentar Bukan Spam
3. Isi Komen Tidak Bersifat SARA
4. Komentar Harus Relevan