Bagaimana Proses Terjadinya Badai Petir?

Labels this post :
Bagaimana Proses Terjadinya Badai Petir?

Badai petir bermula ketika awan kumulusnimbus tumbuh menjadi amat besar. Awan tersebut menghasilkan petir,kilat hujan lebat atau hujan es, angin kencang dan bahkan tornado. Sekitar 40.000 badai petir terjadi di dunia setiap hari terutama di wilayah tropis, di mana udara sangat hangat dan lembap. Awan petir dapat dikenali puncaknya yang lebar dan datar.

Kilat
Kilat adalah bunga api listrik raksasa. Sewaktu kristal es dan tetesan air bergerak dan bertumbukan di dalam awan badai, listrik statis menumpuk. Kilat terpicu ketika bunga api tesebut melompat dari satu awan ke awan lain, atau dari awan ke tanah. Semburan kilat memanaskan udara sampai sekitar 30.000 drajat C sehingga udara mengembang mendadak dan menyebabkan bunyi keras.

Baca juga: Pengertian dan contoh kelembapan udara
Bagaimana Kilat Menyambar?
Muatan listrik negatif menumpuk di dasar awan petir, sementara muatan positif menumpuk di puncak awan. Muatan negatif dan positif saling menarik sehingga petir menyambar menembus awan. Muatan negatif di dasar awan juga menarik muatan positif di tanah sehingga pada akhirnya kilatan petir meloncat melalui udara di antara awan dan tanah.

Demikianlah semoga bermanfaat
Silahkan Share dan komen

Share it :

About Me : Teguh Firmansyah

Only Blogger Rumahan Yang Sedang Meniti Jalan Kesuksesan.

Related Posts

HIMBAUAN BERKOMENTAR
1. Harap Tidak Komen Dengan Menggunakan Link Aktif
2. Komentar Bukan Spam
3. Isi Komen Tidak Bersifat SARA
4. Komentar Harus Relevan