Asteroid, Meteorit, Dan Sabuk Kuiper

Labels this post :
Asteroid, Meteorit, Dan Sabuk Kuiper

Asteroid
Miliaran bongkahan batuan, disebut asteroid atau planet minor, bergerak mengelilingi Matahari di antara orbit Mars dan Yupiter. Asteroid menempati sabuk besar berukuran 180 juta km, dikenal sebagai sabuk asteroid. Sebagian besar Meteorit yang membombardir bumi dari ruang angkasa merupakan pecahan dari asteroid. Ada juga area berukuran kecil di luar tata surya di luar neptunus, yang di sebut sabuk kuiper.

Asteroid ida 
Asteroid dengan nomor 243, disebut ida, adalah bongkahan batuan memanjang berukuran 56 km. Pada tahun 1933 wahana ruang angkasa galileo mengambil gambar asteroid ini. Uniknya asteroid ini memiliki bulan berukuran 1.6 km yang bergerak mengelilinginya. Ida terlihat tersusun seluruhnya atas batuan, namun asteroid juga bisa tersusun dari logam atau campuran batuan dan logam.


Baca Juga: Seluk Beluk Planet Merkurius

Meteorit
Setiap hari batuan ruang angkasa kecil menghujani bumi dam mencapai permukaan sebagai meteorit. Sebagian besar meteorit yang tersusun atas batuan disebut meteorit batuan. Meteorit lain merupakan campuran batuan dan besi, sebagian besar meteorit berukuran kecil, tetapi terkadang meteorit besar berukuran puluhan atau bahkan ratusan meter menabrak bumi.

Meteorit Sikhote Alin 
Pecahan meteor ini adalah salah satu dari ratusan pecahan yang ditemukan di siberia setelah sebuah meteor jatuh pada 1947. pecahan ini merupakan bagian dari meteorit besi seberat 300 ton, yang hancur di atmosfer bumi sebelum mencapai permukaan.





Sabuk Kuiper
Diluar orbit neptunus, sekitar 12 miliar km dari matahari adalah sabuk kuiper. tempat objek-objek es kecil. selepas daerah ini adalah awan oort, tempat komet-komet yang mengelilingi planet-planet di tata surya. material di kedua area ini merupakan benda langit yang tersisa dari proses pembentukan tata surya 4.6 miliar tahun lalu.


Demikianlah Semoga Bermanfaat
Silahkan Komen Dan Jangan Lupa Join This Site

Share it :

About Me : Teguh Firmansyah

Only Blogger Rumahan Yang Sedang Meniti Jalan Kesuksesan.

Related Posts

HIMBAUAN BERKOMENTAR
1. Harap Tidak Komen Dengan Menggunakan Link Aktif
2. Komentar Bukan Spam
3. Isi Komen Tidak Bersifat SARA
4. Komentar Harus Relevan