Cara Memilih Batu Akik Yang Berkualitas

Labels this post :

Batu Akik adalah sebuah batu yang memiliki nilai seni yang tinggi, dengan berbagai macam dan bentuk yang alami.
Di indonesia Batu Akik memang tengah menjadi trend saat ini, demam batu akik telah menjangkit semua orang, tua muda pria wanita dari sabang sampai marauke berbondong-bondong mencari batu akik.
ini bagai angin segar yang bisa di jadikan sebagai ide usaha yang cukup besar keuntungannya. ada banyak kerajinan yang di buat dari bahan-bahan batu akik, seperti cincin, dan kalung.
dengan harga yang cukup barvariasi ada yang 200rb, 500 rb. dst.
bahkan jika batu yang memiliki seni yang tinggi dan susah untuk di dapatkan bisa 15juta sampai ratusan jutaan. 
dengan semakin terus berkembangnnya trend batu akik maka semakin banyak pula orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang menjual batu akik "asal-asalan".
oleh sebab itu agar anda terhindar dari batu yang "asal-asalan" disini saya berikan tips dalam memilih batu akik yang berkualitas. 
1. Kenali terlebih dahulu jenis-jenis batu akik yang ada sekarang ini.
2. Color atau warna. Pastikan batu akik memiliki warna yang tajam dan menarik (eye-catching).             Semakin tajam kedalaman warnanya, maka kualitas batu tersebut semakin baik.
3. Clarity atau tingkat kejernihan/kecerahan batu. Pastikan jika batu akik memiliki warna yang jernih, tembus cahaya (beberapa jenis batu) dan memiliki tekstur mengkilap seperti kristal. Meskipun dengan tingkat kejernihan yang tinggi, tidak ada batu asli yang bisa mulus dan sempurna 100%. Batu akik asli akan selalu memiliki inklusi atau ketidaksempurnaan yang merupakan pola alami dari batu akik meskipun hanya berupa titik.

4. Cut atau bentuk potongan batu. Perhatikan bentuk potongan batu akik secara seksama baik dari tingkat presisi ukuran maupun jenis potongannya. Carilah bentuk dengan potongan yang simetris baik tinggi, panjang maupun lebarnya. Beberapa batu dapat memiliki pakemnya sendiri dalam urusan bentuk, misalnya batu bacan yang cenderung memiliki pola model potongan yang disukai pria yaitu dengan pola oval cabochon yang cenderung tebal guna memaksimalkan keindahannya. Diamond atau berlian yang memiliki potongan brilliant cut yang menjadi bentuk standar berlian agar dapat memiliki kemilau.
5. Carat atau ukuran berat (volume). Sebelum membeli batu akik, sebaiknya Anda juga memperhatikan kesesuaian beratnya. Beberapa batu seperti bacan atau chalcedony memang cenderung lebih berat karena memiliki material berupa logam (ferium) yang terdapat didalamnya. Metode ini juga bisa meminimalisir Anda dari kemungkinan mendapatkan batu akik yang palsu (terbuat dari kaca) sebab material batu buatan pasti akan jauh lebih ringan daripada batu.
saya sarankan batu akik ini jadikanlah sebagai bisnis dan cuma hiasan belaka, dan jangan di jadikan sebagai barang yang spesial/keramat/memiliki manfaat/khasiat dll

Demikian, Semoga Bermanfaat
Silahkan Share Dan Komen.

Share it :

About Me : Teguh Firmansyah

Only Blogger Rumahan Yang Sedang Meniti Jalan Kesuksesan.

Related Posts

HIMBAUAN BERKOMENTAR
1. Harap Tidak Komen Dengan Menggunakan Link Aktif
2. Komentar Bukan Spam
3. Isi Komen Tidak Bersifat SARA
4. Komentar Harus Relevan